BERITA SULBAR

Dinsos Provinsi Sulbar Perkuat Program KUBE Untuk Tingkatkan Usaha Keluarga Pra Sejahtera

Kabid Penanganan Fakir Miskin Provinsi Sulbar, Idham Halik

SULBAR || SUARANEGERI – Pemerintah Provinsi Sulawesi barat melalui Dinas Sosial (Dinsos) menyalurkan Bantuan sosial (Bansos) melalui program Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Kurang lebih 2 Milyar untuk program bantuan bagi keluarga pra sejahtera dalam bentuk modal usaha yang bersumber dari APBD Provinsi Sulawesi barat (Sulbar) tahun anggaran 2023.

Program Kube tersebut diberikan kepada Kelompok masyarakat yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan memiliki usaha. Bantuan Kube yang diberika berupa modal usaha dalam bentuk uang non tunai melalui Rekening Kelompok.

Kepala Dinsos Provinsi Sulbar, melalui Kepala Bidang (Kabid) Penanganan Fakir Miskin, Idham Halik saat ditemui diruang kerjanya, belum lama ini mengatakan, tahun 2023 ini nilai pagu untuk KUBE meningkat dari tahun sebelumnya yakni, Rp. 2.250.000.000,- (Dua milyar dua ratus lima puluh ribu rupiah).

“Jumlah per kelompok minimal 5 KK (Kartu Keluarga), maksimal 10 KK dan harus memiliki usaha perkelompok. Bagi kelompok yang beranggotakan 5 KK bantuan dananya senilai Rp.10 juta, kemudian yang kelompok 10 KK itu senilai Rp.20 juta,” terangnya.

Bansos Kube ini, kata Idham, menyasar kepada keluarga pra sejahtera di sejumlah Kabupaten yang ada di Provinsi Sulbar, dan saat ini proposal kelompok yang sudah di verifikasi sebanyak 193 kelompok, sementara proposal kelompok yang lain dalam perbaikan.

“Berkas kelompok penerima Kube yang sudah diperbaiki dan lengkap untuk dicairkan sebanyak 193, rencana penyalurannya di triwulan ke 2 pada bulan 6, jika mundur paling bergeser 1 bulan, tergantung proses SK,” ucap Idham.

Selain itu, kata idham, yang menjadi kendala dan memperlambat dalam memproses verifikasi berkas dari kelompok, pada saat perbaikan proposal.

“Kendala kami ketika perbaikan proposal ketika masih ada yang kurang pendukungnya, rata-rata pada saat perbaikan proposal kelompok itu sendiri selalu terlambat mengembalikan, makannya saat ini 193 kelompok yang falit untuk didorong, dan diupayakan sebelum perubahan anggaran pokok sembari menunggu pengembalian perbaikan proposal yang sudah ada dari kelompok semua sudah rampung,” tambahnya.

Adapun jenis usaha yang dijalankan untuk kelompok usaha dalam program Kube ini meliputi perdagangan sembako, pertanian, perikanan, budidaya dan peternakan.

“Program Bansos Kube ini sebagai stimulan atau dorangan untuk meningkatkan usaha keluarga pra sejahtera dan dengan terbentuknya kelompok ini kebudayaan kita semakin kokoh,” tandasnya Kabid Idham.

Laporan: Dirman

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({google_ad_client: "ca-pub-7658722301248693",enable_page_level_ads: true});
To Top