BERITA SULBAR

Meminimalisir Penyebaran Covid-19, Bupati Pasangkayu Tegaskan Karantina Bagi Orang Dari Luar

Nampak Bupati Pasangkayu saat rapat bersama unsur forkopimda di kantor bupati pasangkayu (ft.ist)

MEDIASUARANEGERI || PASANGKAYU – Untuk meminimalisir penyebaran Covid-19, Bupati Pasangkayu menegaskan kepada Satuan tugas (Satgas) Covid-19 untuk melakukan karantina bagi orang luar yang masuk di wilayah Kabupaten Pasangkayu, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar).

Hal tersebut dilakukan karena dikhawatirkan kasus positif akan semakin meningkat di daerah ini. Terlebih menjelang pilkada 2020.

Bupati Pasangkayu H. Agus Ambo Djiwa menyampaikan dengan tegas hal tersebut kepada satgas Covid-19 dan unsur forkopimda saat rapat bersama di kantor Bupati Pasangkayu, kamis (3/12/2020).

“Kasus Covid kita saat ini cukup tinggi, kita tidak bisa anggap remeh lagi protokol kesehatan. Setiap orang luar yang masuk wajib karantina 14 hari”, tandasnya.

Lanjut H. Agus mengatakan bahwa, diketahui banyaknya orang masuk diwilayah pasangkayu jelang pilkada ini, baik dari Polman, Majene, Pinrang, dan Palu. Termasuk orang-orang yang bagi-bagi sarung kemarin kan banyak yang dari luar. Mereka harus dikarantina.

Selain itu, ia juga menegaskan untuk mengantisipasi penyebaran Covid 19 klaster orang dari luar Pasangkayu dilakukan secara tegas, karena kebanyakan kasus di Pasangkayu dibawa oleh Orang Tanpa Gejala (OTG).

“Lagi pula tidak diketahui orang dari luar itu bawa virus atau tidak. Makanya, posko di perbatasan harus dipertegas orang yang masuk, dan dibuatkan surat untuk karantina, nanti dibantu pihak kepolisian dan TNI dalam pengawasan”, tegasnya Bupati H. Agus.

Sekretaris satgas covid-19 Kab Pasangkayu, H. Firman pada kesempatan itu menambahkan, selain karantina, orang luar juga harus menyertakan tes rapid. Sebab jika tidak, akan dipulangkan ke daerah asalnya.

“Kita akan mengintenskan operasi yustisi. Bagi orang tidak memiliki KTP Pasangkayu dan tidak memiliki tes rapid akan ditindak. Ini juga mengantisipasi pelarian teroris dari Sulteng”, ungkapnya. [*/Ab/Red]

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({google_ad_client: "ca-pub-7658722301248693",enable_page_level_ads: true});
To Top