TNI/POLRI

Begini Cara Koramil 1427-03/Blk Menyikapi Ketahanan Pangan Dan Mensejahterakan Masyarakat Tetorialnya

SUARANEGERI || PASANGKAYU – Kodim 1427-03/ Bambaloka (Blk) dalam menyiapkan ketahanan pangan untuk mensejahterahkan Masyarakat diwilayah teroterialnya di Desa Kasano, Kecamatan Baras, Kabupaten Pasangkayu, Provinsi Sulawesi barat (Sulbar), menyiapkan lahan untuk program ketahanan pangan padi, Jagung dan Kedelai (Pajale) serta budidaya tanaman Porang.

Turut hadir dalam penyiapan lahan tersebut di antaranya Danramil 1427-03/Blk Kapten inf Bongga Payllin., Bati Tuud Koramil 1427-03/Blk Pelda Marthen., 10 Orang Babinsa Koramil 1427-03/Blk., Toko Masyarakat Desa Kasano Amiruddin dan salah satu Kepala Dusun (Kadus) di Desa Kasano Narung. Senin (6/7/2020) Kemarin.

Danramil 1427-03/Blk Kapten inf Bongga Payllin saat diwawancarai mengatakan bahwa, sebagai salah satu wujud perhatian TNI dan Pemerintah Daerah (Pemda) dalam mendukung ketahanan pangan dan upaya mendukung program Komando Distrik Militer (Kodim) 1427/Pky dalam mengoptimalkan ketahanan pangan dan mengangkat kesejahteraan masyarakat ditengah pandemi Covid-19 dan menghadapi New Normal, Koramil 1427-03/ Blk menyiapkan lahan seluas 1 hektar dalam rangka mengembangkan budi daya tanaman Porang serta Pajale di wilayah teritorialnya.

“Hal ini dilakukan guna mengoptimalkan program ketahanan pangan dan kesejahteraan masyarakat di wilayah Kabupaten Pasangkayu khususnya diwilayah teroterial kami,” ungkapnya.

Bongga Paylin juga menjelaskan bahwa manfaat tanaman Porang selain untuk kesehatan yang diperolehnya dari berbagai sumber, tanaman porang juga memiliki manfaat lain seperti bahan baku tepung, dapat digunakan untuk pembuatan kosmetik dan bisa digunakan sebagai penjernih air serta sebagai bahan pembuatan lem yang ramah lingkungan.

“Selain memiliki banyak manfaat, tanaman Porang juga memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi dan dapat diekspor ke negara luar,” tuturnya.

Laporan : E/S

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top