BERITA SULBAR

Ditetapkan New Normal, PT Pasangkayu Kembali Aktifkan Sekolah Binaannya

SUARANEGRI || PASANGKAYU – PT Pasangkayu yang merupakan salah satu anak perusahaan PT Astra Agro Lestari (ALL) Tbk Group yang bergerak diperkebunan kelapa sawit memiliki beberapa tingkatan sekolah didalam area perkebunannya. Diantaranya terdiri dari Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Walaupun ditengah pandemi Covid-19 melalui program Corporate Social Responsibility (CSR), pendidikan tetap berjalan Melalui proses Belajar Dari Rumah (BDR), termasuk memberi sosialisasi pemahaman tentang covid-19.

Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi guru-guru TK dan SD PT Pasangkayu dalam mengkreasikan salah satu media pembelajaran dalam moda luring/luar jaringan berupa pembuatan Big Book yang bertemakan pengenalan covid-19 bagi anak didik usia TK dan SD.

Media big book ini diharapkan dapat mempermudah dan mempercepat kemampuan literasi dan pengenalan bagi seluruh anak-anak tentang Covid-19 dan bagaimana cara pencegahannya untuk anak usia dini agar dalam aktivitas sehari-hari pada saat proses Belajar Dari Rumah. Dimana pada bulan sebelumnya tepatnya pada bulan maret seluruh anak-anak TK, SD dan SMP belajar dari rumah sesuai dengan Surat Edara Pemerintah Daerah dan Memo Education Head Office (HO).

Pembuatan Big book ini tidak membutuhkan waktu yang cukup lama dikarenakan kebutuhan dilapangan akan kelengkapan media pembelajaraan berupa moda luring/luar jaringan yang saat ini paling cocok diaplikasikan diwilayah kebun PT Pasangkayu yang sebagian afdeling belum mendapatkan akses jaringan yang kuat.

Aplikasi big book yang bertema pencegahan dini Covid-19 ini sangat efektif dalam meningkatkan pemahaman dan kewaspadaan anak didik terhadap bahaya covid-19. Penggunaan big book sebagai media pendukung dalam pengenalan pencegahan Covid-19 bagi anak-anak tersebar di 11 Afdeling dan 17 paguyuban serta 8 Tempat Penitipan Anak (TPA).

Aplikasi big book di TPA khususnya, lebih dititik beratkan kepada anak karyawan yang kedua orang tuanya bekerja dan tidak terdapat saudara yang dapat menjaga ataupun membimbing belajar dirumah. Penerapan media ini didukung pula dengan penerapan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) dimana All Guru TK dan SD dibantu oleh Dokter dan SHE PT Pasangkayu.

Dengan adanya media ini sebagai langkah awal dalam mengatasi pemenuhan kebutuhan media pembelajaran dimasa pandemi covid-19, dimana kebutuhan akan media yang terkait dengan informasi pencegahan maupun informasi secara menyeluruh terkait virus ini sangat terbatas.

Keefektifan media big book telah dibuktikan dengan banyaknya anak didik yang telah menerapkan protokol covid-19 dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat setiap saat, pada proses BDR di masing-masing paguyuban dimana hal ini berdasarkan pemantuan dari seluruh guru TK dan SD yang melakukan kunjungan di setiap TPA dan paguyuban setiap afdelling.

Proses pembuatan big book tidaklah mudah dimana pada saat Proses pembuatan secara garis besar diawali dengan penentuan tema, pembuatan kerangka gambar dan pewarnaan. Selanjutnya pada aplikasi media ini dilakukan dengan cara yang sangat mudah diawali dengan memperkenalkan judul big book, penyampaian isi yang didalamnya tertera gambar terkait pencegahan covid-19 dan PHBS yang disertai dengan penjelasan gambar yang terdapat dalam big book tersebut.

Begitu pula dengan bahan ataupun perlengkapan yang dibutuhkan dalam pembuatannya hanya memerlukan kertas gambar, pensil dan spidol warna. Media yang murah seiring dengan mudahnya pengaplikasian big book ini akhirnya dengan mudah pula anak-anak dapat menyerap infomasinya dan dengan mudah mengaplikasikannya kesetiap kegiatan mereka sehar-hari.

Harapan kita kedepan penggunaan big book ini bisa diterapkan secara menyeluruh bagi semua sekolah yang memiliki karakter wilayah yang sama serta kedepannya dapat kita aplikasikan media ini ke seluruh sekolah binaan Astra Agro yang berada di Ring 1 PT Pasangkayu agar kita dapat mensosialisasikan pencegahan covid-19 secara efektif bagi anak didik dengan media big book yang murah dan ramah lingkungan. Ucap Kartina Sp.d selaku pengawas sekolah di PT. Pasangkayu. [*/Man]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top