TNI/POLRI

Taklimat Awal, Kapolda Sulbar Tegaskan Berikan Data yang Akurat!

SULBAR || SUARANEGERI – Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Barat Irjen Pol Verdianto I. Bitticaca saat membuka kegiatan taklimat awal Aspek Perencanaan dan Pengorganisasian T.A. 2023 menegaskan kepada seluruh personelnya agar memberikan informasi atau data yang akurat dan benar saat pemeriksaan nantinya kepada tim audit kinerja demi perbaikan institusi Polri khususnya pada Polda Sulbar.

“Berikan informasi atau data yang akurat dan benar kepada tim audit kinerja demi perbaikan institusi Polri khususnya pada Polda Sulbar kedepan,” tegas Kapolda.

Taklimat awal yang berlangsung di Aula Mapolda ini dihadiri oleh seluruh pejabat utama, para Kapolres jajaran dan para operator masing-masing Biro, Direktorat, Bidang dan satuan fungsi jajaran, Rabu (8/3/23).

Dalam amanat yang dibacakannya, Kapolda juga menyampaikan berdasarkan hasil analisa dan evaluasi program pengawasan tahun 2022 lalu, memang masih ditemukan adanya beberapa kelemahan dalam sistem pengendalian internal pemerintah (SPIP) dan ketidak patuhan terhadap perundang-undangan yang berlaku dalam mengelola keuangan dan pelaksanaan manajemen di lingkungan Polri.

Oleh karena itu kepada seluruh jajaran Polda Sulbar terutama inspektorat pengawasan daerah (itwasda) agar proaktif melakukan pengawasan dalam rangka pelaksanaan pemeriksaan laporan keuangan Polri oleh tim BPK-RI dimasa akan datang.

Saya yakin dengan komitmen dan dedikasi segenap jajaran inspektorat pengawasan daerah selaku aparat pengawas internal pemerintah (apip) yang selama ini telah terbukti banyak berperan dalam meningkatkan akuntabilitas kinerja polri, akan mampu mewujudkan komitmen ini dengan lebih baik lagi.

Bersamaan dengan itu, pihaknya juga menaruh harapan besar agar inspektorat pengawasan daerah dapat berupaya maksimal mensinergikan seluruh kesatuan Polri di Polda Sulbar ini untuk dapat mempertahankan opini laporan keuangan Polri yang sudah mendapat predikat WTP (Wajar Tanpa Pengecualian).

Perencanaan dan pengorganisasian, lanjut Kapolda adalah merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam suatu manajemen, sebagai pedoman dalam menyusun program kegiatan yang akan menjadi sasaran pelaksanaan tugas fungsi dan peran Polri pada periode satu tahun anggaran.

Oleh karena itu perencanaan dan pengorganisasian harus disusun berdasarkan pada skala prioritas yang dipersiapkan, kebijakan pimpinan yang sudah ditetapkan serta perkembangan situasi dan kondisi lingkungan strategis yang selalu berkembang.

Tujuan kegiatan ini sebagaimana kita ketahui bersama agar para kuasa pengguna anggaran (KPA) dapat lebih efektif dan efisien serta transparan dalam menyusun program perencanaan dan pengorganisasian pada satkernya, sehingga tugas pokok fungsinya dapat terlaksana dengan baik dan dapat di pertanggungjawabkan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Diakhir kesempatannya, Kapolda Sulbar juga mengungkapkan apresiasinya kepada Wakapolda dan Irwasda yang sudah sejak dini melakukan pengawasan penganggaran tiap satuan kerja. Harapannya temuan sebelumnya tidak terulang, tutup Kapolda.

Humas Polda Sulbar

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({google_ad_client: "ca-pub-7658722301248693",enable_page_level_ads: true});
To Top