RAGAM

Dirjen: Kawasan tambak udang di Sarjo bisa menjadi suatu percontohan kedepan secara Nasional

(kiri) Rudy Hartanto Wibowo, Dirjen Perikanan dan Kelautan Budidaya RI Dr. Ir. Slamet Soebjakto M.Si, Kepala Dinas Perikanan dan kelautan Kab. Pasangkayu Ir. Abbas saat sosialisasi berlangsung.

Saat sosialisasi tambak udang berkelanjutan dan koordinasi manajemen tambak udang berkelanjutan sedang berlangsung di depan Ruangan Kantor Tambak udang vaname di Desa Sarjo.

Dirjen Perikanan dan Kelautan Budidya RI Dr. Ir. Slamet Soebjakto, M.Si berkunjung di tambak udang vaname Desa Sarjo untuk mengsosialisasikan tambak udang berkelanjutan dan sekaligus melakukan koordinasi manajemen tambak udang berkelanjutan.

Dalam kunjungan Dirjen Perikanan dan Kelautan Budidya RI Dr. Ir. Slamet Soebjakto, M.Si tersebut dihadiri oleh Rudy Hartanto Wibowo Direktur PT. Manakara Sakti Abadi selaku Investor di Bidang Pengembangan Udang Vaname Berkelanjutan di Sarjo dan Kepala Dinas Perikanan dan kelautan Kab. Pasangkayu Ir. Abbas serta beberapa perwakilan instansi baik dari swasta maupun pemerintah serta masyarakat, di Kantor tambak udang vaname Desa Sarjo Kecamatan Sarjo Kabupaten Pasangkayu Provinsi Sulbar, Selasa 11 Desember 2018.

Ridwan Umar (bj. bati kiri depan) dan beberapa perwakilan instansi baik dari swasta maupun pemerintah bersama beberapa masyarakat menghadiri sosialisasi tambak udang berkelanjutan dan koordinasi manajemen tambak udang berkelanjutan.

“Tingkatan tambak udang yang ada di Sarjo ini sudah menjadi satu kawasan sehingga kelanjutannya perlu ada suatu pembinaan-pembinaan dan suatu manajemen kawasan itu sendiri”. Ucapnya Slamet Soebjakto saat ditemui usai sosialisasi.

Saat sosialisasi tambak udang berkelanjutan dan koordinasi manajemen tambak udang berkelanjutan.

Lanjut ia katakan, kawasan itu bukan hanya tambaknya dan, layoutnya serta berbentuk kawasan tambak udang berkelanjutan saja, namun kepada manajemennya.

Menurutnya, Pengelolaan tambak udang berkelanjutan itu penting dan bagaimana mereka membina Sumber daya manusia suatu kelompok dalam satu kawasan. Diantara mereka ada rasa persatuan dan kebersamaan untuk mengelola lingkungan yang bebas dari penyakit dan permasalahan udang lain serta mengajak suatu kawasan itu untuk mengelolah tambak udang berkelanjutan yang berbasis pada prinsip-prinsip budi daya ikan yang baik.

Foto bersama (kiri depan) Rudy Investor, Kadis Perikanan dan Kelautan, Dirjen Perikanan dan Kelautan Budidaya RI dan beliau serta Karyawan Tambk Udang Vaname Desa Sarjo usai sosialisasi tambak udang berkelanjutan dan koordinasi manajemen tambak udang berkelanjutan.

Lokasi Tambak udang vaname berkelanjutan di Desa Sarjo Kec. Sarjo Kab. Pasangkayu Prov. Sulbar

Kawasan tambak undang tersebut bisa menjadi suatu percontohan kedepan secara Nasional dan tambak udang ini betul-betul bisa menjadi kawasan tambak udang berkelanjutan, lingkungan berkelanjutan dan, memelihara alam lingkungan air sebaik-baiknya dan sudah di ekspor keluar Negeri baik Amerika, Eropa, Cina serta jepang, produk-produk udang ini bebas dari residu/anti biotik. Jelasnya Slamet Subianto.

Ditempat yang berbeda Rudy Hartanto Wibowo Direktur PT. Manakara Sakti Abadi Selaku Investor di Bidang Pengembangan Udang Vaname Berkelanjutan di Sarjo mengatakan bahwa dengan adanya Budidaya udang vaname ini untuk meningkatkan taraf hidup petani tambak dengan pola ke Mitraan dengan warga/masyarakat, dimana lahan warga yang selama ini tidak produktif (lahan tidur), serta menciptakan lapangan kerja baru, Pemberdayaan lokal dalam arti mempekerjakan masyarakat setempat. Ucapnya.

Lanjut Rudy, Lewat pengembangan Budidaya Udang Vaname Berkelanjutan dengan sistem Super Intensive tersebut agar dapat menginspirasi para petani tradisional yg ada dikawasan tersebut dan sekitarnya serta melakukan pembinaan kepada petani agar dapat Berbudidaya Udang dan Ikan yg benar demi meningkatkan kesejahteraanya dalam Modus Operandinya.

Dalam pengembangan Budidaya Udang Vaname mengutamakan SOP berbasis Ramah Lingkungan, Pro Aktif didalam kegiatan Kemasyarakatan sebagai wujud ke Pedulian Sosial wilayah setempat dan sekitarnya.Terangnya Rudy Hartanto Wibowo Direktur PT. Manakara Sakti Abadi Selaku Investor di Bidang Pengembangan Udang Vaname Berkelanjutan di Sarjo.

Rudy Hartanto Wibowo di lokasi tambak budi daya udang vaname berkelanjutan di Desa Sarjo.

tim msn.com

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top