TNI/POLRI

Kodim 1427/Pky Gelar Upacara Tujuh Belasan, Berikut Amanat Dandim Untuk Personil

Dandim 1427/Pky Letkol Inf Novyaldi

SUARANEGERI || PASANGKAYU — Telah dilaksanakan Upacara Bendera Tujuh Belasan di Lapangan Upacara Makodim 1427/Pasangkayu (Pky) Jl. Dewi Sartika Kelurahan Pasangkayu, Kecamatan Pasangkayu, Kabupaten Pasangkayu Provinsi Sulawesi barat (Sulbar), kamis (17/9/2020).

Upacara tersebut di pimpin langsung oleh Dandim 1427/Pky Letkol Inf Novyaldi, SE yang di hadiri kurang lebih 60 Personel Kodim 1427/Pky di antaranya, Kasdim 1427/Pky Mayor Inf. Andi Ismail,SE, Pasi Log Dimana 1427/Pky Kapten Inf Muh. Barki, Pasi Pers Dim 1427/Pky Lettu Inf Abdul Malik, Pa Sandi Dim 1427/Pky Letda Inf. Yonderson Taawe, Danramil 1427-02/Rondomayang Kapten Inf. Ismail, Danramil 1427-03/Bambaloka Kapten Inf Bongga Failin, dan Personel Staf Makodim serta Personel Koramil 01,02 dan 03 Kodim 1427/Pky.

Dalam Upacara Bendera Tujuh Belasan tersebut  Dandim 1427/Pky Letkol Inf.Novyaldi,SE menyampaikan bahwa pada Bidang Inspektorat sampai saat ini masih terdapat satuan yang belum menindaklanjuti Surat Telegram Pangdam ST/1799/2020 tanggal 8 September 2020 tentang permintaan peta risiko satuan.

“Oleh karena itu, kepada Asisten/Dansat/Kabalak agar segera mengirimkan peta risiko satuan kepada XIV/Hasanuddin untuk mengetahui risiko yang akan dihadapi organisasi atau mitigate serta pengendalian intern sehingga organisasi bisa mencapai tujuan yang telah ditetapkan”, tegasnya.

Sementara pada Bidang Intelijen, lanjut Letkol Inf.Novyaldi behwa, ada 23 Kabupaten/Kota di wilayah Kodam XIV/Hasanuddin yang saat ini sedang melaksanakan tahapan-tahapan Pilkada serentak tahun 2020, dalam pesta demokrasi ini, potensi kerawanan konflik antar pendukung peserta Pilkada sangat besar.

“mengantisipasi hal tersebut, saya minta segenap aparat kewilayahan agar meningkatkan kewaspadaan. Lakukan deteksi dini, cegah dini
dan lapor cepat serta memonitor perkembangan situasi terkait pelaksanaan Pilkada serentak ini.
Selain itu, laksanakan penyelidikan”, tegasnya Letkol Inf.Novyaldi.

Kemudian pada Bidang Operasi, setiap satuan agar mengecek kembali pengajuan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) Tahun 2021, sehingga tidak terjadi revisi Anggaran dan untuk Bidang Personel sendiri masih terdapat personel yang berdinas hanya dalam 1 satuan selama menjadi prajurit.

“Saya berharap para Komandan Satuan agar melaksanakan tour of duty/tour of area kepada
prajurit wawasan dan pengalaman tugas di satuan lain”,

Sehubungan dengan adanya beberapa bidang tanah TNI AD yang masih bermasalah di wilayah Kodam XIV/Hasanuddin, lanjut Dandim Letkol Inf.Novyaldi, masing-masing satuan diharapkan melaksanakan pengamanan aset tanah dengan cara 5 P (Pematokan, Pemagaran, Patroli, Pemasangan papan nama dan persertifikatan) bahwa aset TNI AD tidak boleh dikerjasamakan dengan pihak lain tanpa persetujuan dari komando atas. Jelasnya pada Bidang Logistik.

Lanjut Letkol Inf.Novyaldi, untuk Bidang Teritorial, menghadapi Pilkada serentak tahun 2020, ia mengingatkan kembali kepada seluruh Prajurit dan PNS Kodam XIV/Hasanuddin, agar menjunjung tinggi Netralitas dan tidak terlibat dalam politik praktis serta senantiasa menjaga suasana kondusif selama pelaksanaan Pilkada serentak berlangsung dan untuk Bidang Perencanaan sendiri, saat ini kita telah memasuki bulan terakhir Triwulan I, namun penyerapan anggaran belanja Kodam XIV/Hasanuddin hanya mencapai 55% untuk masing-masing Satker agar segera menyerap anggaran tersebut sehingga diakhir Triwulan IlI diharapkan sudah terserap 75%, tandasnya.

Catatan :

Pada upacara bendera kali ini agar dipahami, dijabarkan dan dijadikan pedoman dalam melaksanakan tugas sesuai dengan tanggung jawab masing-masing. [SDir]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top