ADVETORIAL

Bupati Agus akan melakukan Penyegaran 29 Kepala OPD

Foto istimewa

PASANGKAYU, SUARANEGERI  Setelah mendapatkan rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negera (KASN), Nomor B-2085/KASN/7/2019, tentang Rekomendasi Pelaksanaan Uji Kompetensi dalam rangka mutasi atau rotasi di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasangkayu, Bupati Agus Ambo Djiwa akan melaksanakan uji kompetensi 29 Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Uji kompetensi ini, didasarkan Kepala OPD di lingkup Pemkab Pasangkayu telah melebih dari 2 hingga 5 tahun masa jabatan, sebagaimana yang diamanatkan Undang-Undang (UU) Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) pasal 116, 117 dan 118. Kegiatan ini akan dilaksanakan di Balai Diklat Sulsel, Makassar tanggal 27 hingga 29 Juli 2019,” Ucap Agus saat di konfirmasi melalui via selulernya dari Jakarta, Jumat (26/7/2019).

Bupati Pasangkayu juga menekankan, bahwa dalam uji kompetensi para Kepala OPD akan diuji langsung oleh Tim Penguji Kompetensi yang memiliki kemampuan manajerial mengenai ASN, dan akan mengacu kepada UU Nomor 5 tentang ASN tahun 2014, Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 tahun 2010 dan PP Nomor 46 tahun 2011, jadi para kepala OPD harus mempersiapkan diri dengan baik dan memahami bagaimana tupoksi (tugas pokok dan fungsi) masing-masing OPD secara profesional.

“Dalam uji kompetensi Kepala OPD harus memahami mengenai tupoksi masing-masing, sebagaimana tertuang dalam UU ASN tahun 2014. Karena dalam uji kompetensi ini para kepala OPD akan dinilai oleh Tim Uji kompetensi berdasarkan kemampuan dan profesionalitasnya. Untuk itu, para Kepala OPD bisa saja pindah dari OPD atau tetap di OPD semula dan bahkan bisa jadi tidak menduduki lagi OPD yang ada, hal itu berdasarakan UU ASN. Yang jelasnya, kita akan lihat hasil dari Tim Penguji nantinya,” tuturnya Agus Bupati Pasangkayu.

Berdasarkan rekomendasi KASN, Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Pratama yang akan dilakukan uji kompetensi evaluasi uji kesesuaian (job fit) sebanyak 29 Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama lingkup Pemkab Pasangkayu, yakni Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ardhilla, Dinas Kesehatan Muhammad Alief Satria, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan I Nyoman Suandi, Dinas Pertanian dan Peternakan Nazlah Kamaluddin, Dinas Pengendalian Penduduk dan KB dan Perlindungan Anak Anwar, Badan Ketahanan Pangan Irman, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa M Arfan.

Selanjutnya, Dinas Lingkungan Hidup Jamal, Dinas Kelautan dan Perikanan Abbas, Kepala Badan Pendapatan Daerah Abdul Wahid, Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Ahmad Sibali, Asisten I Bidang Pemerintahan Makmur, Asisten II Bidang Pembangunan Musbar Lasibe, Asisten III Administrasi Umum Ihsan, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kasmuddin, Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Badaruddin.

Berikutnya, Dinas Perpustakaan dan Arsip Andi Ilham Wawo, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Andi Rahmat, Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu Zulfikar Kamaluddin, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Abidin, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Irfan Rusli Sadek, Dinas Perhubungan Nasrum, Dinas Kominfo Persandian dan Statistik Dasteri, Dinas Tenaga Kerja Perindustrian dan Transmigrasi Masri Madawali, Dinas Sosial Nur Said, Kepala Inspektorat Rahmat, Kasat Pol PP Muliady Halim, Sekretaris DPRD Muhammad lqbal N Pali, dan Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik llham.(**)

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({google_ad_client: "ca-pub-7658722301248693",enable_page_level_ads: true});
To Top