TNI/POLRI

Polres Mamuju Utara Gelar Pemeriksaan Kesehatan Tahanan

PASANGKAYU, SUARANEGERI – Polres Mamuju utara (Matra) bagian Urusan Kesehatan (Urkes) melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap para tahanan yang ada di ruang tahanan Mapolres sebagai langkah antisipasi dan guna mengetahui kondisi kesahatan para tahanan, Senin (01/07/2019).

Selain memeriksa kesehatan tahanan, sejumlah sudut ruang tahanan juga di lakukan pemeriksaan oleh Sat Tahti, guna mengantisipasi hal yang tidak di inginkan.

Kasat Tahti Polres Matra Aiptu Purhadi mengatakan, tak hanya kesehatan para tahanan, ruang masing-masing tahanan juga tidak luput dari pemeriksaan, termasuk beberapa barang yang berada di dalam ruangan.

“Semua dilakukan pengecekan dan diperiksa sebagai antisipasi masuknya barang terlarang seperti narkoba, rokok, korek api, handphone dan berbagai alat yang dimungkinkan dapat membahayakan tahanan selama berada di ruangan”. Ucapnya

Lanjut ia katakan bahwa, pemeriksaan ruang tahanan dan kesehatannya sudah rutin dilakukan karena sudah menjadi tugas dan tanggung jawab dalam pelaksanaan tugas sehari-hari.

“Pemeriksaan dan pengecekan, selain pada saat serah terima, juga rutin dilakukan setiap saat oleh petugas jaga tahanan,” ungkapnya Kasat Tahti

Menurutnya, selama berada di ruang tahanan, para petugas melakukan pemeriksaan secara penuh. Tak hanya itu, para petugas juga memberikan hak-hak hidup para tersangka dalam tindak pidana secara layak dipenuhi. seperti, beribadah, makan dan minum, serta pelayanan kesehatan dan perawatan fisik lainya seperti berolah raga. Bahkan kebutuhan siraman rohani dengan pembinaan mental rohani sehingga nantinya mereka tidak mengulangi perbuatannya lagi. Kata Aiptu Purhadi.

Kapolres Mamuju Utara AKBP Made Ary Pradana S Ik.MH menyampaikan, meskipun mereka adalah tahanan, atau orang yang berbuat salah dan melanggar pasal-pasal hukum pidana yang berlaku, mereka tetap mempunyai hak untuk sehat. Maka dari itu, laksanakan pemeriksaan dan, memberikan sejumlah himbauan agar mereka tidak mengulangi perbuatannya lagi, Imbuhnya.

Lanjut Kapolres mengatakan bahwa selain itu, langkah tersebut dilakukan sebagai antisipasi berbagai kemungkinan yang tidak diinginkan. Melalui pengecekan dan pengawasan secara rutin dan terus menerus.

“Dalam pemeriksaan kali ini jumlah tahanan lengkap dan dalam kondisi sehat. Semoga apa yang kami lakukan ini berdampak positif dan merupakan suatu bentuk usaha antisipasi agar tidak terjadi apa yang tidak kita inginkan bersama,” Ucapnya Kapolres.(J.y)

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({google_ad_client: "ca-pub-7658722301248693",enable_page_level_ads: true});
To Top