BERITA SULBAR

Gelar Dialog Tematik; Pemuda Sarudu, Perusahaan dan Pemerintah, Simak Pembahasannya

SULBAR || SUARANEGERI – Pemuda Karang Taruna Desa Saduru menggelar Dialog tematik dengan tema “Apa Kabar Pemerintah dan Perusahaan yang ada di wilayah Desa Sarudu dalam Pengembangan Sumberdaya Pemuda”.

Dialog tersebut menghadirkan 5 narasumber, yakni Kepala Desa Sarudu, Humas PT Awana Lestari, Anggota DPRD Provinsi dari praksi Perindo dan, salah satu Advokat LBH yang ada di Pasangkayu serta BPD Desa Sarudu yang dihadiri Ketua Karang Taruna Kabupaten Pasangkayu, Ketua Karang Taruna Kecamatan serta sejumlah tokoh pemuda, tokoh Agama dan, tokoh Masyarakat, di salah satu cafe jalan trans Sulawesi, Dusun Sempo Desa Sarudu, Kecamatan Sarudu, Kabupaten Pasangkayu, Provinsi Sulawesi barat (Sulbar), Sabtu malam (18/03/2023).

Diawal dialog, Himas PT Awana Lestari, Yudi menyampaikan bahwa PT Awana awalnya direncanakan di bangun di desa Dapurang, namun atas permintaan sejumlah tokoh yang ada di Desa Sarudu maka di bangunlah pabrik PT Awana di Desa Sarudu.

“Kami konsisten terhadap komitmen awal sejak pertama kali perusahaan di bangun, bahwa akan memberdayakan masyarakat lokal sebagai tenaga kerja (Karyawan) utama dalam operasional perusahaan dan Alhamdulillah kurang lebih 70 persen Karyawan PT Awana itu masyarakat lokal,” ungkapnya.

Selian tenaga kerja, lanjut Yudi, PT Awana juga aktif melakukan pembinaan sosial diwilayah ring satu, termasuk ikut memberi perhatian terhadap fenomena Stunting, tambahnya.

Sementara itu, salah satu pengurus karang taruna Desa Sarudu Erik Wijaya dalam dialog mengatakan, masih banyak Pemuda di Desa Sarudu yang menganggur membutuhkan perhatian pemerintah dan pelaku usaha diwilayah Sarudu.

“Kami berharap pemerintah dan pelaku usaha yang ada diwilayah Sarudu memikirkan masih banyaknya Pemuda yang menjadi pengangguran usai kuliah,” tuturnya.

Selain itu, pemuda juga mengkritik pemerintah Desa yang masih kurang melibatkan pemuda dalam kegiatan pemerintahan sehingga belum bisa memberi kontribusi terhadap daerahnya.

Menjawab kritikan pemuda, Spontan Kepala Desa Sarudu, Muh. Jekki,S.Sos, menantang pemuda untuk segera membuat perencanaan dan melakukan diskusi bersama Pemdes Sarudu.

“Kami minta Pemuda karang taruna membuat perencanaan dan mari kita diskusikan sehingga Kedepan Desa Sarudu akan semakin Maju dengan kehadiran pemuda yang ikut berpartisipasi dalam pembangunan Desa Sarudu,” tandasnya.

Kemudian ditempat yang sama, Anggota DPRD Sulbar, praksi Partai Perindo, H. Ambo Intang, mensuport para generasi muda di Desa Sarudu yang mulai kritis dan peduli terhadap daerah sendiri.

“Sebagai anggota DPRD yang lahir dari Kabupaten Pasangkayu tentu sangat mengapresiasi anak-anak muda yang mulai peduli terhadap daerahnya. Ini akan menjadi semangat baru bagi Desa Sarudu kedepan,” tandasnya H.Ambo Intang.(*)

Laporan: Dirman

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({google_ad_client: "ca-pub-7658722301248693",enable_page_level_ads: true});
To Top