TNI/POLRI

Ciptakan Lingkungan Bersih dan Sehat, Dandim 1427/Pky: mengetahui disiplin Prajurit itu dilihat kebersihan Asramanya

SULBAR || SUARANEGERI – Ciptakan Lingkungan Bersih dan Sehat, Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 1427/Pasangkayu Letkol Inf Rachmat Yunus,S.Sos, perintahkan Prajurit Kodim melakukan pembersihan Pangkalan (Kantor). Jum’at (17/3/2023).

Kantor Kodim dan Koramil yang merupakan Satuan Kewilayaan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat harus mempunyai tampilan yang rapi dan bersih agar masyarakat yang di layani di Kodim dan Koramil merasa lebih nyaman. Hal itu diungkapkan langsung oleh Dandim 1427/Pasangkayu ,Letkol Inf Rachmat Yunus,S.Sos.

Pintu Gerbang Keluar Kantor Kodim 1427 Pasangkayu

Pembersihan pangkalan yang diperintahkan kepada jajarannya itu merupakan pengecetan pagar Kantor Kodim dan Koramil karena merupakan Satuan Kewilayaan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Maka juga harus mempunyai tampilan yang rapi dan bersih sehingga masyarakat yang di layani akan merasa lebih nyaman.

“Dengan lingkungan dan tempat tinggal yang bersih, tentu akan membawa suasana yang nyaman dan sehat,” ucap Letkol Inf Rachmat Yunus saat diwawancarai usai kegiatan.

Disamping itu, lanjut Letkol Inf Rachmat, juga akan memupuk rasa kerja sama dan jiwa gotong royong setiap prajurit agar terlatih dan membiasakan diri untuk selalu hidup bersih. Hal ini sangat bermanfaat bila dipraktekkan dalam kehidupan seorang prajurit ditengah-tengah atau dalam lingkungan masyarakat, tuturnya.

Kantor Koramil 1427-01 Labuang

Selain itu, kata Dandim, untuk menjaga kebersihan dan kerapian kantor, kegiatan pembersihan ini juga untuk memberikan contoh bagi masyarakat sekitar tentang pentingnya menjaga kebersihan, sehingga diharapkan masyarakat juga dapat merawat lingkungan masing-masing.

“Salah satu kegiatan Pembinaan Satuan adalah Pembinaan Pangkalan, dimana yang menjadi prioritas adalah, kebersihan dan kerapian dari pangkalan itu sendiri dan Pembinaan Satuan itu dinyatakan berhasil salah satu indikatornya yaitu terciptanya pangkalan yang aman, bersih, rapi dan indah,” jelasnya.

Lanjut Letkol Inf Rachmat mengatakan, untuk mengetahui disiplin Prajurit itu dilihat bagaiman kebersihan Asramanya, jika bersih maka Prajuritnya disiplin. Jika Komandannya dan Prajuritnya tidak perduli menjaga rumahnya sendiri, bagaimana dia ingin menjaga rumah rakyatnya. Sangat gampang melihat disiplin Tentara, Lihat asramamanya, tuturnya.

“Menjelang Bulan Suci Ramadhan merupakan Ibadah yang harus disambut dengan kebersihan baik hati maupun lingkungan, karena bulan Ramadhan merupakan bulan yang mulia. Kebersihan juga sebagian dari iman, maka dari itu salah satu kegiatan yang dilakukan menjelang bulan suci Ramadhan yaitu membersihkan lingkungan sekitar tempat tinggal,” pungkasnya Dandim.

Laporan: Dir/Ab

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({google_ad_client: "ca-pub-7658722301248693",enable_page_level_ads: true});
To Top