BERITA SULBAR

Sekolah Binaan PT. Letawa Mengedukasi Siswanya Peduli Kemanusiaan Korban Gempa Sulbar

(foto istimewah)

oleh: Gede Ardiantara

PASANGKAYU || MEDIASUARANEGERI – Belum genap satu bulan memasuki tahun 2021, Indonesia telah dihadapkan pada banyak bencana alam. Salah satunya gempa bumi di Mamuju, Majene, dan sekitarnya. Masyarakat Sulawesi Barat (Sulbar) dikagetkan oleh gempa pembuka yang terjadi pada 14 Januari 2021 pukul 14.35 wita dengan skala 5,9 magnitudo. Kemudian pada tanggal 15 Januari 2021 pukul 02.28 wita disusul gempa utama dengan skala 6,2 magnitudo.

Kejadian tersebut langsung ditanggapi cepat oleh SMP Astra Makmur Jaya (AMJ), yang merupakan sekolah binaan PT. Letawa, anak perusahaan PT. Astra Agro Lestari, Tbk.

Terkait hal itu, Kepala SMP Astra Makmur Jaya, Adi Dasuki langsung mengajak seluruh siswa dan guru untuk melakukan penggalangan bantuan melalui program Public Contributtion, yakni AMJ Peduli. Informasi disebarkan oleh wali kelas melalui grup media sosial masing-masing kelas.

“Kami turut berduka atas terjadinya bencana gempa bumi di Mamuju, Majene, dan sekitarnya. Ucapan bela sungkawa kami sampaikan kepada saudara-saudara kita yang meninggal dunia akibat bencana. Atas dasar kemanusiaan, dengan segera kami lakukan penggalangan bantuan”, ucapnya Adi Dasuki selaku Kepsek SMP AMJ, jum’at (22/1/2021).

Peristiwa tersebut dijadikan sebagai salah satu media edukasi siswanya sebagai bagian dari insan Astra Agro untuk peduli terhadap sesama.

“Kami bangkitkan rasa simpati dan empati siswa dengan cara mengajak mereka turut serta berdonasi. Rasa peduli, simpati, empati, dan semangat berbagi siswa perlu dipupuk sejak usia dini. Hal ini selaras dengan salah satu isi Catur Dharma PT. Astra Agro Lestari, Tbk. yakni menjadi milik yang bermanfaat bagi bangsa dan negara”, tandasnya Adi Dasuki.

Selain itu, Adi juga menyampaikan bahwa dari program AMJ Peduli untuk korban gempa Sulawesi Barat berhasil mengumpulkan uang tunai sejumlah Rp 3.589.000, 2 dus air mineral gelas, 15 kg beras, 1 kantong plastik besar makanan ringan, dan 27 bungkus mie instan. Dari uang tunai sejumlah Rp 3.589.000, itu sudah dibelanjakan barang-barang kebutuhan yaitu 100 kg beras, 20 dus air mineral gelas, 2 dus minyak goreng, 2 dus sarden, 1 dus sabun mandi, 2 dus bubur bayi, 1 dus popok bayi, 2 dus pembalut wanita, dan 3 dus minuman rasa ukuran gelas.

“Barang-barang bantuan dari SMP Astra Makmur Jaya ini selanjutnya akan disalurkan melalui program Nurani Astra, PT. Astra Agro Lestari, Tbk”, jelasnya Adi.

Sementara Wibowo, salah satu siswa kelas VIII SMP AMJ mengaku sangat bersyukur bisa ikut berkontribusi.

“Saya senang dan bersyukur bisa berkesempatan menyalurkan bantuan bagi korban bencana gempa bumi di Mamuju, Majene, dan sekitarnya. Semoga bantuan yang terkumpul dari seluruh keluarga besar SMP Astra Makmur Jaya bisa membantu meringankan beban korban gempa Sulbar”, imbuhnya. [*/Sdir]

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({google_ad_client: "ca-pub-7658722301248693",enable_page_level_ads: true});
To Top