BERITA SULBAR

Peringati Hari Farmasi Se-Dunia, IAI Cab. Pasangkayu Bersama PAFI Sosialisasikan Gema Cermat

Pasangkayu, mediasuaranegeri.com – Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Cabang Pasangkayu dan (Persatuan Ahli Farmasi Indonesia) PAFI berkolaborasi Dinas Kesehatan Kabupaten Pasangkayu gelar senam sehat bersama lintas sektor, dalam rangka Hari Farmasi Se-Dunia di halaman Kantor Bupati Pasangkayu. Jumat, 27 September 2019.

Ket Foto: Senam Sehat

Kegiatan tersebut dihadiri masing-masing perwakilan dari semua OPD Kabupaten Pasangkayu, Kepolisian, TNI dan Perbankan yang ada di Kota Pasangkayu.

Dalam rangka memperingati Hari Farmasi se-Dunia tersebut, IAI mensosialisasikan Gema Cermat (Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat), DAGUSIBU (Dapatkan, Gunakan, Simpan, Buang) obat dengan benar, dan cek kesehatan gratis, Serta tes kebugaran di plataran Kantor Bupati Pasangkayu.

Ket foto: Pemeriksaan kesehatan

Ketua Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Cabang Pasangkayu, Masni D, S.Farm., M.Si.,Apt berharap agar masyarakat cerdas mendapatkan Obat Serta cerdas menggunakan Obat.

“Disini cerdas mendapatkan arti, masyarakat dapat memperoleh Obat, fasilitas kesehatan, toko Obat berijin dan Apotek. Karena sekarang marak Obat palsu dan Obat kadaluarsa”. Ucapnya.

Ia juga mengatakan bahwa, masyarakat agar tidak berbagi Obat dengan keluarga dirumah sebelum di konsultasikan terlebih dahulu ke Apoteker atau Tenaga kesehatan lainnya, karena belum tentu penyakit kita sama dengan anggota keluar lain. Terutama antibiotik, tidak boleh disimpan dirumah seperti penyakit,gatal, flu, sakit kepala, sakit Gigi sebelum konsultasikan dengan Dokter untuk terciptanya masyarakat aman dan efektif menuju Indonesia sehat. Ungkapnya.

Selain gelar senam sehat, dalam rangka hari Apoteker se-dunia juga untuk mencetak Rekor Muri dengan tema, Edukasi pengenalan Obat kepada siswa/i Sekolah Dasar (SD) sekaligus pemilihan Apoteker Cilik (Apocil) di SD Negeri 1 Pasangkayu.

Ket foto: Kegiatan di SD Negeri 1 Pasangkayu

Apoteker berkolaborasi dengan Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) Pasangkayu untuk mengadakan edukasi mengenali Obat sejak usia dini di satu sekolah sebagai langka awal, di SD Negeri 01 Pasangkayu sejumlah 100 siswa/i khusus kelas 5. Dengan fasilitator Apoteker 22 dari team AoC. Kegiatan tersebut mengajak siswa/i agar cerdas menggunakan Obat dan mereka sangat antusias.

“Kegiatan Ini tidak berhenti sampai hari ini, 12 Oktober 2019. Tetapi, Akan berkelanjutan nantinya. Mari mengenali Obat sejak usia dini. Kami dari Apoteker dan PAFI mengharap dukungn penuh dari Pemerintah setempat terutama Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan”. Ungkap Ketua IAI Masni D, S. Farm.M.Si.Apt Penuh harapan dukungan dari pemerintah. (sdr)

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({google_ad_client: "ca-pub-7658722301248693",enable_page_level_ads: true});
To Top