DAERAH

Kades Pulau Kanyuran Jadi Sorotan, Warga Berunjukrasa Tuntut Transparan Pemanfaatan DD dan ADD

PANGKEP || MEDIASUARANEGERI.COM – Puluhan pemuda bersama warga masyarakat Pulau Kanyurang, Desa Kanyurang, Kecamatan Liukang Kalmas, Kabupaten Pangkep, Provinsi Sulawesi selatan yang tergabung dalam wadah Forum Pemuda Desa Kanyurang melakukan unjuk rasa di simpang empat jalan poros trans Sulawesi tepatnya antara Jalan Sultan Hasanuddin – Jl. HM. Arsyad B Pangkajene Kabupaten Pangkep, Rabu (15/6/2022).

Forum Pemuda Desa Kanyurang dipimpin oleh Usman sebagai jenderal lapangan bersama Warman sebagai koordinator lapangan (Korlap). Dalam tuntutannya, menuntut oknum Kepala Desa (Kades) Kanyurang berinitial “HS” untuk mempertanggungjawabkan semua Dana Desa (DD) serta Alokasi Dana Desa (ADD) yang telah digunakan selama ini.

Menurut jenderal lapangan, Usman, selama ini oknum Kepala Desa Kanyurang “HS” terkesan sangat tertutup terkait pemanfaatan Dana Desa maupun Alokasi Dana Desa yang tersalurkan di Desa Kanyurang.

“Jujur kami katakan, jika seandainya DD atau ADD yang dikucurkan di Desa Kanyurang dipergunakan untuk pelaksanaan pembangunan, tentu Desa Kanyurang sudah tampak seperti Desa–Desa lainnya yang telah berhasil membangun desanya”, tuturnya Usman dalam aksi damainya.

Lanjut Usman, demikian pula jika seandainya DD atau ADD yang diperuntukkan untuk pemberdayaan masyarakat diserahkan sepenuhnya kepada yang berhak menerima, tentu masyarakat Desa Kanyurang tidak ada lagi yang miskin. Namun kenyataannya, hingga saat ini untuk pelaksanaan pembangunan desa belum ada yang Nampak, bahkan Kantor Desa Kanyurang tidak terawat dan tidak difungsikan sebagai pusat pelayanan masyarakjat.

“Padahal, awal dikucurkannya ADD yang jumlahnya mencapai Rp800juta-an dan kini telah mencapai Rp1 miliar lebih, keadaannya masih stagnan dan belum ada perobahan”, ucapnya.

“Nah, kini saatnya kami Pemuda Desa Kanyurang mendesak oknum Kepala Desa Kanyurang “HS” untuk transparan dalam menjalankan roda Pemerintah (kepemerintahan) Desa Kanyurang, dan meminta pertanggungjawabannya terkait Kantor Desa yang tidak terawat dan tidak dijadikan pusat pelayanan masyarakat”, jelas Usman.

Selain itu, juga mendesak Kepala Desa Kanyurang “HS” untuk segera menyelesaikan jalanan/jembatan penghubung Dusun Timbor dan Dusun Culia serta mendesak inspektorat Kabupaten Pangkep untuk meninjau kinerja Kepala Desa Kanyurang “HS” yang dinilai tidak becus menjalankan tupoksinya, tegasnya Korlap.

Forum Pemuda Desa Kanyurang juga berjanji, jika dalam waktu sesingkat-singkatnya pihak berwenang tidak menindaklanjuti tuntutan warga pulau kanyurang, niscaya pihaknya akan turun berunjuk rasa dengan jumlah massa yang lebih banyak, tambah Warman menegaskan.[irwan]

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({google_ad_client: "ca-pub-7658722301248693",enable_page_level_ads: true});
To Top