BERITA SULBAR

Hari Apoteker Se-Dunia, Ketua IAI Cab Pasangkayu Melakukan Kampanye DAGUSIBU

Nampak ibu PKK tengah mengikuti webiner bersama IAI Cab Pasangkayu

SUARANEGERI || PASANGKAYU — Dalam rangka Hari Apoteker se-Dunia atau World Pharmacists Day 2020 yang diperingati setiap tanggal 25 September, Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) melakukan berbagai kegiatan dengan tema “Transforming global health”.

Kegiatan untuk memperingati Hari Apoteker se-Dunia tersebut meliputi berbagai penyuluhan seperti, Kampanye DAGUSIBU (DApatkan, GUnakan, SImpan dan BUang) obat secara benar melalui program webinar apoteker berbagai ilmu bersama ibu PKK Kabupaten Pasangkayu yang dilaksanakan seIndonesia pada tanggal 30 september 2020,

Nampak Siswa/I SMA Negeri 1 Pasangkayu tengah mengikuti program Ikatan Apoteker Indonesia Yang diberikan oleh pengurus cab pasangkayi IAI

Kemudian, Apoteker guru tamu juga dilaksanakan serentak baik dilaksanakan secara online maupun offline pada tanggal 8 oktober 2020, bersama siswa/i SMA Negeri 1 Pasangkayu dengan tema, “kehati-hatian menyikapi informasi dan peredaran obat secara online”.

Terkait hal tersebut, Ketua Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Cabang Pasangkayu, Masni D, S.Farm., M.Si.,Apt mengatakan bahwa, hal tersebut dilakukan bertujuan agar masyarakat lebih berhati-hati dalam menyikapi informasi dan adanya peredaran obat secara online.

Apalagi sekarang ini masa pandemik, kata Masni, banyak obat dijual secara online yang diindikasikan obat untuk covid-19 atau anti virus corona. “olehnya itu, saya sebagai apoteker mengajak masyarakat cerdas memilih tempat yang resmi untuk mendapatkan obat, misal RS, Puskesmas, apotek, toko obat”, imbuhnya kepada masyarakat.

Selain itu, Masni juga menghimbau, apabila beli obat secara online, pastikan situs resmi dan sebelum membeli harus melakukan cara ceklik seperti, cek kemasan, cek label, cek izin edar dan cek kadaluarsa serta pastikan mendapatkan informasi yang jelas dari apoteker.

“Tujuan kami untuk menghindari terjadinya kesalahan penggunaan. Kami Apoteker siap melayani dan memberikan informasi terkait tentang obat”, ucap Ketua IAI Cab Pasangkayu, Masni D, S.Farm., M.Si.,Apt.

“Ingat obat ingat apoteker”
“Tanya obat tanya apoteker”
Apa bila keluar rumah jangan lupa pakai masker, ikuti protokol kesehatan, sehat itu mulai diri kita. salam sehat. [Sdir]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top