SULAWESI TENGAH

PT LTT Resmikan Program CSR Di MKKS SMA SeKab. Donggala Dan Parimo

SUARANEGERI, DONGGALA – SMA 1 Rio Pakava menyambut kedatangan 15 orang Guru sekolah  SMA dari dua wilayah, Kabupaten Donggala dan Parigi Moutong serta 2 orang perwakilan dari perusahaan perkebunan kelapa sawit PT Lestari Tani Teladan (LTT) yang merupakan anak perusahaan PT Astra Agro Lestari Grup (AAL)Tbk Area Celebes 1(C1).

Kunjungan tersebut bertujuan untuk mengenal kebudayaan yang telah berkembang di dalam lingkungan SMAN 1 Rio Pakava Desa Minti makmur, Kecamatan Rio Pakava,Kabupaten Donggola, Sulawesi Tengah (Sulteng).

Selain itu, juga dalam rangka Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Se-Kabupaten Donggala dan Parigi Moutong.sekaligus meresmikan Program corporate social Responsibility (CSR) PT LTT dan SMA Negri 1 Rio Pakava yakni, Rumah Budidaya Jamur tandan kosong kelapa sawit (TKKS), Kegiatan Pertemuan tersebut dilaksanakan di halaman SMA 1 Rio Pakava, Senin (13/1/2020).

Hadir pada kegiata tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Wilayah II Kab Donggala-Parigi Moutong, Hj Injesari Pasau S.pd,M.Pd.,Community Developmen officer (CDO) PT LTT Hendi Widjayanto, serta Kepala Sekolah SMA se-Kabupaten dua wilayah tersebut dan di sambut baik oleh, Kepala Sekolah SMA1 Rio Pakava Rahman M.H  sekaligus pemandu dalam mengenal lebih dalam bagaimana kondisi di Sekolah Tersebut.

Di sela-sela kegiatan, Hj Injesari Pasau meninjau tempat pembudidayaan jamur Tandan Kosong Kelapa Sawit (TKKS) dan cara pembuatannya. Peninjuan ke industri kecil pembudidayaan jamur tandan kosong kelapa sawit (TKKS) atau dalam bahasa dimasyarakat yaitu tankos bertujuan melihat langsung proses pembudidayaan jamur yang berasal dari tankos kelapa sawit. Serta olahan dari jamur tersebut menjadi makanan berupa Abon.

Tankos sawit yang dibudidayakan tersebut berasal dari limbah kelapa sawit yang telah diolah di Pabrik kelapa sawit PT LTT salah satu perusahaan di wilayah kabupaten  Donggala, kemudian dikirim ketempat industri kecil pembudidayaan jamur, dimana tempat yang telah di programkan oleh kelompok masyarakat.
Sebelum adanya industri kecil pembudidayaan jamur tankos, Anak Sekolah Tim Pramuka SMAN 1 Rio Pakava mengikuti perlombaan mempromosikan makanan hasil dari olahan Jamur TKKS di sebut tangkos buah kelapa sawit di wilayah Bukit Paneki Kabupaten Sigi sulteng di tahun lalu.

Administratur (ADM) PT LTT Dani Sitorus Diwakili bersama (CDO) Hendi widjayanto menyampiakan bahwa, budidaya jamur tkks itu bisa memberikan sumbangsih buat anak sekolah dan menjadi contoh tempat lain dan hasilnya bisa di buatkan abon jamur ini. Apa yang dibuat ini adalah sesuatu yang baru dan merupakan suatu kreatifitas masyarakat yang patut kita kembangkan, agar menjadi suatu usaha untuk bisa menambah pendapatan ekonomi masyarakat serta lapangan kerja untuk masyarakat itu sendiri. Tuturnya.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({google_ad_client: "ca-pub-7658722301248693",enable_page_level_ads: true});
To Top