DAERAH

Sepakati Bentuk Pengurus DKPK, Tahun Depan Bupati Pangkep Bangun Gedung Kesenian

PANGKEP || MEDIASUARANEGERI.COM – Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau (MYL) bertemu dengan penggiat seni dan budaya sekaligus dialog dan menyepakati terbentuknya Dewan Kesenian dan Pemajuan Kebudayaan (DKPK), di taman Purbakala Sumpabita, Balocci, Selasa (23/8/2022).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pangkep, Sabrun yang mendampingi Bupati MYL, mengatakan, dewan kesenian dan pemajuan kebudayaan merupakan wadah bagi penggiat seni dan budaya untuk memajukan kesenian dan kebudayaan tradisional, khususnya Pangkep.

Selain terbentuknya calon pengurus inti dewan kesenian dan pemajuan kebudayaan, terbentuk pula komite-komite. Diantaranya, komite tari, komite seni rupa dan komite teater.

“Disini(Sumpabita) didiskusikan bagaimana organisasi ini meruapakan wadah yang akan menjadi tempat untuk memajukan kesenian dan kebudayaan,”katanya.

Lanjut Sabrun, saat dialog berlangsung bupati MYL memberikan sejumlah arahan. Pertama, dinas pendidikan dan kebudayaan diharapkan segera merefisi pokok-pokok pikiran kebudayaan daerah yang menjadi dokumen menjadi pedoman pengembangan seni dan budaya Pangkep. Kedua, setiap komite diharapkan segera menyusun program kerja yang akan dilaksanakan.

“Sesuai arahan bupati, bupati insyaallah tahun depan juga akan membangun gedung kesenian. Selain sebagai sekretariat bagi dewan kesenian, disitu juga akan menjadi sarana, menjadi panggung bagi teman-teman dewan kesenian yang merupakan perkumpulan orang yang akan melakukan pembinaan kepada sanggar yang ada di Pangkep,”jelasnya.

Rencananya, gedung kesenian akan dibangun di Mattampa, Bungoro.[irwan]

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({google_ad_client: "ca-pub-7658722301248693",enable_page_level_ads: true});
To Top