BERITA SULBAR

Tahap Pertama Vaksinasi Tim Medis, 32 Staf Dinkes Belum Divaksin

PASANGKAYU || MEDIASUARANEGERI – Dinas Kesehatan (Dinkes) melakukan tahap Pertama Vaksinasi terhadap Stafnya untuk memutus mata rantai covid-19 di halaman Kantor Dinkes Kabuoaten Pasangkayu Provinsi Sulawesi barat (Sulbar). Kamis (4/02/2021).

Adapun pelaksanaan giat vaksin tersebut melalui beberapa tahap diantaranya :
1) Tahap Pertama Meja 1, Pendaftaran Calon Penerima Vaksin.
2) Tahap Kedua Meja 2, Proses Skrining oleh Dokter kepada Calon Penerima Vaksin.
3) Tahap Ketiga Meja 3, Proses Pelaksanaan Giat Vaksin.
4) Tahap Keempat Meja 4, Registrasi Ulang, Observasi kepada Penerima Vaksin selama 30 menit, dan Penyuluhan.

Pelaksanaan Vaksin dilakukan oleh Tim dari UPT Puskesmas Pasangkayu 1 yang berjumlah 9 Orang diantaranya :
1) Fatmawati, SKM
2) dr. A. Suryani Malik
3) dr. Ganiya
4) A. Fitra Kurnia, A. Md. Kep
5) Sri Wahyuni, A. Md. Kep
6) Reski Amelia, A. Md. Kep
7) Evi Murniati, A. Md. Kep
8) Patmawati, S. Kep
9) Arham, A. Md. Kep
10) Asriah, A. Md. Kep
11) Rapni, A. Md. Kep

Adapun Jumlah sasaran yang akan di vaksin sebanyak 70 Orang, namun yang sudah divaksin sementara sebanyak 38 orang, sisanya belum di vaksin karena hypertensi dan penyakit lain adapun yang tidak berada ditempat, sperti Orang Hamil, Menyusui dan tidak lulus Skrining.

Terkait hal tersebut, Kadis Dinkes Samhari saat diwawancarai mengatakan bahwa, untuk vaksinasi covid-19 ini setelah pencanangan kemarin sudah selesai, sekarang itu pihaknya sudah jadwalkan tenaga kesehatan yang ada di seluruh kab.pasangkayu.

“Tadi pegawai kesehatan yang ada di dinas kesehatan kemudian dan besok itu semua Puskesmas yang ada di kab.pasangkayu dan masing-masing Puskesmas juga akan melaksanakan vaksinasi tahap pertama pada seluruh pegawai yang ada di Puskesmas”, ucapnya.

Lanjut ia sampaikan, untuk Puskesmas masing-masing pihaknya sudah latihan untuk vaksinasi dan imunisasi sendiri setiap Puskesmas, “kita hanya mendrop Vaksin kesana itupun juga kita dibantuh oleh polres pasangkayu untuk mengawal vaksin yang kita droop kepuskesmas”.

Selain itu, tahap pertama sasarannya 774 begitupun tahap kedua, ketika tidak ada hal-hal lain mungkin yang tidak bisa di imunisasi, seperti penyakit-penyakit tertentu yang tidak bisa diimunisasi.

“Untuk tahap pertama ini kita targetkan hari Senin paling tidak hari Selasa sudah selesai semuanya khusus tenaga kesehatan. Kita selesaikan itu Taha kedua tanggal 24/2/202 dan laporannya kita sudah kirim kekementerian kesehatan”, jelasnya.

“Saya dan kita semua berharap mudah-mudahan imunisasi ini kasus Covid-19 bisa menurun khususnya di kabupaten pasangkayu”, tandas Kadis Kesehatan. [Hbir]

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({google_ad_client: "ca-pub-7658722301248693",enable_page_level_ads: true});
To Top