BERITA SULBAR

Upacara Hari Lahir Pancasila Tahun 2023, Bupati Pasangkayu Baca Amanat Presiden RI

PASANGKAYU || SUARANEGERI – Pemerintah Kabupaten Pasangkayu bersama TNI, Polri menggelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tanggal 1 Mei 2023 di halaman Kantor Bupati Pasangkayu dengan tema “Gotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global”.

Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Pasangkayu H. Yaumil Ambo Djiwa,SH dihadiri Wakil Bupati Pasangkayu Dr. Hj. Herny Agus,S.Sos.,M.Si, Dandim 1427/Pasangkayu Letkol Inf Rachmat Yunus, Kapolres AKBP Candra Kurnia Setiawan, Wakil Ketua DPRD Irfandi Yaumil serta sejumlah Kepala SKPD Serta Seluruh ASN lingkup pemerintah Kab. Pasangkayu dengan mengenakan pakaian adat.

Dalam sambutannya, Bupati Pasangkayu H.Yaumil Ambo Djiwa membacakan amanat Presiden RI Joko Widodo yang menyatakan bahwa Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya merupakan falsafah dasar, pandangan hidup bangsa, dasar negara, ideologi, kekuatan pemersatu bangsa, dan sumber segala sumber hukum negara.

“Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara merupakan meja statis menyatukan berbagai keragaman yang ada. Sehingga Pancasila senantiasa diamalkan dalam berbagai sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” sambutnya H.Yaumil yang membacakan amat Presiden RI.

Selain itu, berkat Pancasila dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong, keberagaman yang ada menjadi berkah yang dirajut dalam identitas Nasional Bhinneka Tunggal Ika, para pendiri negara (the founding fathers) telah berhasil mengidentifikasi kepribadian bangsa Indonesia yang kemudian dirumuskan dalam suatu pandangan hidup yaitu Pancasila.

“Saudara-saudara sebangsa dan setanah air, saat ini bangsa Indonesia telah berhasil melewati masa kritis pandemi Covid-19, hal ini membuktikan kekuatan Pancasila dan kekuatan bangsa indonesia,” ucapnya.

Lanjut Bupati Pasangkayu, kedepannya, kita akan mewujudkan Indonesia Emas 2045 dan impian Indonesia 2085, yaitu menjadi bangsa yang memiliki sumber daya manusia (SDM) yang memiliki kecerdasan yang mengungguli bangsa-bangsa lain di dunia dengan menjunjung tinggi pluralisme, berbudaya, religius dan menjunjung tinggi nilai-nilai etika, menjadi pusat pendidikan, teknologi, dan peradaban dunia, masyarakat dan penyelenggara negara yang bebas dari perilaku korupsi.

Di kesempatan yang sama, usai upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Bupati Pasangkayu seraca simbolis menyerahkan penghargaan atas prestasi pada pekan olahraga provinsi Tingkat IV Sulawesi Barat kepada para atlet yang berprestasi.

Laporan: Ab

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({google_ad_client: "ca-pub-7658722301248693",enable_page_level_ads: true});
To Top