BERITA SULBAR

Ditemukan 3 Kasus DBD, Dinkes Pasangkayu Langsung Lakukan Fogging

Kepala Bidang (Kabid) P2P (Pencegahan dan Pengendalian Penyakit) Hj.Fitri.S.Si.,M.A.P,

PASANGKAYU || MEDIASUARANEGERI.COM – Dinas Kesehatan (Dinkes) Pasangkayu kembali melakukan Fogging di Desa Lilimori dengan menggandeng UPT. Puskesmas Bulutaba. Senin (30/5/2022).

Dengan adanya laporan Masyarakat bahwa, terdapat 3 orang terjangkit Deman Berdarah Dengue (DBD) di Kecamatan Bulutaba Desa Lilimori, Dinkes Pasangkayu langsung menindaklanjuti dengan melakukan Fogging.

Kepala Bidang (Kabid) P2P (Pencegahan dan Pengendalian Penyakit) Hj.Fitri.S.Si.,M.A.P, menyampaikan bahwa ada 3 Orang yang terjangkit Penyakit DBD (Deman Berdarah Dengue). Salah satu diantaranya sudah dirujuk di RSUD AKO dan 2 Pasien dirawat Nginap di UPT. Puskesmas Bulutaba.

Dinkes Pasangkayu lakukan Fogging di saluran irigasi di Desa Lilimori

“Penyemprotan Fogging ini dilakukan untuk mencegah lebih banyaknya lagi terjakit DBD lebih luas”, ucap Hj. Fitri.

Lanjut Hj. Fitri, Fogging tersebut bisa dilakukan jika ada yang terjangkit DBD. Selain itu, juga ada beberapa kriteria ditemukan yang terjangkit penyakit DBD, sebanyak 1 atau lebih penderita. Kemudian ditemukan jentik lebih dari 5 persen dari rumah/bangunan yang diperiksa.

“Setelah Memenuhi Kreteria Tersebut Baru Dilakukan Koordinasi Dengan Desa Dan Puskesmas Setempat, Kemudian Baru Dilakukan Fogging”, ujarnya.

Selain itu, Hj. Fitri juga mengatakan, mengantisipasi musim penghujan Dinkes Pasangkayu melakukan beberapa sosialiasai kepada masyarakat terkait genangan air yang beresiko menjadi sarang Nyamuk Aedes Aegypty. Untuk persediaan obat tidak ada masalah, Penderita DBD bisa ditangani di Puskesmas jika memerlukan Rawat Inap.

“Jika Puskesmas tidak mampu dikarenakan adanya komplikasi penyakit lainnya, bisa langsung di rujuk di RSUD AKO. Jika ada tanda-tanda DBD pada saudara, temen atau tetangga agar segera melakukan pengobatan di UPT. Puskesmas Bulutaba atau Unit Kesehatan lainnya, sehingga bisa kita tindak lanjuti dilapangan”, tambahnya.

Diketahui upaya yang dapat dilakukan oleh masyarakat dalam pengendalian DBD (Demam Berdarah Dengue) itu dengan cara : PNS 3 M Plus (Pemberantasan Sarang Nyamuk) melalui gerakan 1 Rumah 1, menanam tanaman pengusir nyamuk pohon Zodia, Lavender, Kemangi, Sereh. Gunakan Lation Anti Nyamuk, Ikanisasi, Lakukan PSN 3 M secara bermutu berkesinabungan, terus mengurus tepat sasaran dan tingkatkan kepedulian terhadap lingkungan kita.[Abir]

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({google_ad_client: "ca-pub-7658722301248693",enable_page_level_ads: true});
To Top