SULAWESI TENGAH

Menuju Pekan Olahraga Kabupaten Dan Provinsi, Ketua KONI Kab. Donggala Lantik KOK

Donggala, Suaranegeri – Komite Olahraga Nasional Indonesia  (KONI) menggelar Pelantikan Koordinator Olahraga Kecamatan (KOK) di Kecamatan Banawa selatan (Bansel) Periode 2019-2023. Kegiatan tersebut dilaksanakan di aula Kantor Kecamatan Bansel Kabupaten Donggala Provinsi Sulawesi tengah (Sulteng), Jum’at, 20 September 2019.

Turut hadir pada pelantikan tersebut, Ketua KONI Kab. Donggala Asgaf A.Umar, S.Pd yang juga Anggota DPRD Donggala, Sekertaris KONI Kab. Donggala, Camat Bansel  H.Hasan, S.Pd. M.AP, dan beberapa Kepala Desa atau Plt, serta para undangan.

Ketua KONI Kab. Donggala Asgaf A. Umar melantik H. Hasan, S.Pd, M.Ap, sesuai usulan daftar nama yang diterima di Kabupaten Donggala bahwa yang menjadi KOK yakni Pak Camat sendiri.

Ketua KONI Asgaf berharap, ini bisa ditindak lanjuti apa yang menjadi semangat KONI Kabupaten Donggala dalam rangka mengembangkan dan membina olahraga di Kabupaten Donggala melalui yang ada di kecamatan-kecamatan.

Lanjut ia (Asgaf) berharap semuanya kalau kita lihat tupoksi dari pada KOK ini adalah bagaimana beliau bisa untuk mengkoordinir cabang-cabang olahraga yang ada di sini di wilayahnya, sekaligus memantau atlet-atlet yang potensial yang ada di seluruh wilayah kecamatan.

Menurutnya, dengan adanya KOK maka atmosfer olahraga yang ada di wilayah ini bisa semakin maju, dan bisa semakin berkembang serta ditekankan untuk ke depan perlu ada kompetisi yang berjenjang dan berkesinambungan yang dilaksanakan dalam rangka menuju Pekan Olahraga kabupaten sekaligus Pekan Olahraga Provinsi.

Jadi tujuan utama sebenarnya, Lanjutnya, adalah untuk melahirkan atlet-atlet yang potensial untuk kita bina untuk mewakili Kabupaten Donggala pada ajang pekan mendatang perwakilan setiap Desa atau Kecamatan.

“Jadi kalau kompetisinya tingkat kabupaten makan itu profil kecamatan, setiap kecamatan akan kita undang untuk ikut sertakan atletnya”, Ucapnya Ketua KONI Kab. Donggala.

Ditempat yang berbeda, Koordinator Olahraga Kecamatan (KOK) yang baru saja dilantik saat ditemui diruangannya mengatakan bahwa, bertambah lagi satu tugasnya, jadi lepas tugas pemerintahan, tugas kemasyarakatan, ada satu lagi tugas baru yaitu selaku koordinator olahraga Kecamatan Banawa Selatan (Bansel).

Selaku KOK, menurutnya, ini pekerjaan berat tetapi dirinya tidak bisa pesimis dan ia selaku koordinator olahraga di Kecamatan Bansel tetap optimis bahwa di kecamatan banawa selatan, olahraga harus bangkit.

“Atlet kita itu harus ada yang berprestasi yang bisa tembus ke kabupaten dan ada yang harus tembus ke provinsi. Bahkan ke provinsi sulawesi tengah itu target kita untuk Bansel, tapi itu tidak berhenti sampai di situ, makanya tanggung jawab selaku koordinator olahraga itu sudah melekat”. Tuturnya

Maka dari itu, lanjutnya, dirinya harus komunikasikan dengan pimpinan yang ada di desa, karena di desa itu ada dana desa yang salah satu prioritas penggunaan itu dalam pembinaan olahraga terkait pembinaan para pemuda Oleh.

“karena itu, saya tetap komunikasikan dengan teman-teman kepala desa dan dipastikan yang melalui pembahasan musyawarah desa (Musdes) RKPD 2020 dipastikan bahwa ada anggaran kegiatan untuk pembinaan olahraga di desa masing-masing”. Tuturnya

Ia juga menyampaikan bahwa di Desa itu ada 1 cabang olahraga yang menjadi fokus mereka yang untuk lebih ditingkatkan dan pembiayaannya itu dipastikan ada sehingga nanti setelah dipastikan dari 19 Desa itu ada Desa mungkin tidak terlalu diprioritaskan. misalnya desa-desa lama, kemudian termasuk mungkin yang jadi 15 desa yang harus kita putus.

“kita pastikan bahwa anggaran untuk pembinaan olahraga di desa masing-masing itu harus ada. Jadi tidak hanya untuk pembangunan Tribun dan pembangunan pagar lapangan. Tetapi, lebih pada pembinaan sumber daya manusianya, jadi pastikan mereka itu pemberdayaan dan mereka itu harus dibina, dilatih sehingga mereka menjadi atlet yang berprestasi”. Tutupnya Camat Bansel yang baru saja dilantik sebagai KOK Bansel.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({google_ad_client: "ca-pub-7658722301248693",enable_page_level_ads: true});
To Top