BERITA SULBAR

Yayasan Astra Agro Lestari Gelar Kegiatan KOMPAS ke 3, ini Tujuannya

Kalian tau nggak?! Di bulan Oktober kemarin, Tepatnya di tanggal 26 Oktober 2019 program OSIS SMP PT Pasangkayu hadir menyapa siswa-siswi SMP PT Pasangkayu dengan kegiatan Kompetisi Pelajar Astra (KOMPAS) 3, yang Bertemakan “Tingkatkan Semangat Berkompetisi Akademis dan Kembangkan Kreatifitas Serta Imajinasimu bersama KOMPAS”.

KOMPAS ke 3 kali ini bertujuan untuk melaksanakan program kerja divisi keilmuan OSIS SMP PT Pasangkayu, dan menjalin tali silahturahmi yang baik antara siswa-siswi, serta menumbuhkan semangat berkompetisi Akademis sesama siswa-siswi SMP PT Pasangkayu.

Lomba tersebut meliputi 3 Mata Pelajaran yaitu, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dan Matematika (MTK) yang dibagi menjadi 2 babak.

Babak pertama yaitu babak penyisihan yang dilaksanakan pada tanggal 26 Oktober 2019 dan, babak kedua yaitu babak GRAND FINAL yang dilaksanakan pada tanggal 2 November 2019.

Kegiatan tersebut diawali dengan Upacara Pembukaan di Lapangan yang dibuka secara resmi oleh Kepala Sekolah dan diikuti seluruh Peserta lomba, suporter masing-masing tim, panitia, beserta seluruh guru SMP PT Pasangkayu.

“Kedepannya kegiatan ini dapat kita laksanakan dalam skala yang lebih luas lagi dengan melibatkan semua sekolah di wilayah Kabupaten Pasangkayu” ujar Kepala Sekolah dalam sambutannya.

Di babak Pertama atau babak penyisihan, setiap anggota tim harus mengerjakan soal sesuai mata pelajaran yang mereka pilih. Waktu untuk mengerjakan soal adalah 2 jam dengan jumlah 40 nomor soal. Di babak kedua atau GRAND FINAL adalah babak CERDAS CERMAT, yang sebelumnya dimulai setiap tim menampilkan yel-yel mereka.

Di babak ini juga terdapat 2 sesi, Sesi pertama yang di pandu Ibu Lambang Tri Harmini, S.Pd adalah sesi yang mewajibkan setiap tim untuk menjawab soal yang telah mereka pilih, jika tim tersebut tidak dapat menjawab soal, maka soal tersebut bisa direbut oleh tim lain, semenatar jumlah point di sesi ini berjumlah 10 point.

Di sesi kedua yang di pandu oleh Bapak Yogi Ivano, S.Pd adalah sesi Rebutan soal, Setiap tim yang cepat mengangkat tangan maka tim tersebut yang menjawab soalnya. Jumlah point di sesi ini berjumlah 20 point.

Jika kedua sesi tersebut selesai, maka point setiap tim akan di gabungkan dan tim yang memperoleh point terbanyak  merupakan Pemenang dalam KOMPAS ke-3.

Kegiatan ini diikuti oleh 21 tim perwakilan dari kelas 7 dan 8 SMP PT Pasangkayu. Namun, tim yang masuk ke babak GRAND FINAL berjumlah 5 tim saja. Masing-masing tim beranggotakan 3 orang.

Terlihat jelas Antusias di kalangan siswa-siswi SMP PT Pasangkayu dalam menonton kegiatan ini di babak GRAND FINAL. Selain itu, panitia juga sudah menyiapkan doorprize untuk menambah meriahnya suasana lomba.

Tepat 3 jam lebih perlombaan, dan dulanjutkan pengumuman pemenang yakni, Juara 3 KOMPAS diraih oleh Tim Gerak dari 8 Andalas, Juara 2 diraih oleh Tim Ilmiah dari 8 Celebes, dan Juara 1 diraih oleh Tim Geografis dari 8 Celebes. Sementara Juara yel-yel  terbaik diraih oleh Tim Ilmiah dari 8 Celebes.

Masih ada pengumuman juara lagi loh, Kalian tau nggak pengumuman juara apa? Ya, juara the best individual, Juara ini diraih oleh setiap individu yang meraih nilai tertinggi dalam babak penyisihan.

Berikut, Juara The Best Individual IPA diraih oleh M. Reynaldi dari tim Geografis, dan Juara The Best Individual IPS diraih oleh Rastika dari Tim Gerak, sedangkan Juara The Best Individual MTK diraih oleh Ni Komang Dina dari Tim Pelangi.

Terima kasih atas dukungan dari berbagai pihak dalam penyelenggaranya acara KOMPAS 3 ini dan besar harapan penulis dan seluruh panitia agar KOMPAS bisa menjadi ajang untuk meningkatkan prestasi siswa-siswi SMP PT Pasangkayu dan Kami berharap agar KOMPAS selanjutnya bisa mencapai level yang lebih tinggi lagi seperti tingkat kabupaten. Salam OSIS!!

Salam Penulis,
Gadis Kiara
Ketua OSIS SMP PT Pasangkayu

Editor: Tim Suaranegeri

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({google_ad_client: "ca-pub-7658722301248693",enable_page_level_ads: true});
To Top