TNI/POLRI

Polres Mamuju Utara Gelar Simulasi TFG Kontijensi Jelang Pemilu 2019

Pasangkayu||mediasuaranegeri.com – Polres Mamuju Utara menggelar simulasi Tactical Floor Game (TFG) Ke Dua Kontijensi, minggu (17/3/2019). Simulasi yang digelar dalam rangka mempersiapkan pengamanan pemilu April mendatang, ini dilaksanakan di Posko Operasi Mantab Brata (OMB) Polres Mamuju Utara.

Wakapolres Kompol Jufri Hamid S.Sos yang memimpin langsung kegiatan tersebut didampingi oleh Kabag Ops Polres Mamuju Utara Akp Rigan Hadi Nagara S.Ik mengatakan bahwa simulasi ini dilaksanakan untuk memberikan gambaran umum kepada personil dalam rangka pengamanan Pemilu 2019 di Kabupaten Pasangkayu khususnya untuk Sispamkota Kontijensi.

“Simulasi ini dilakukan untuk memberikan gambaran dan pemahaman kepada personel dalam bertindak menghadapi seluruh rangkaian pelaksanaan Pemilu pada 17 April mendatang. Apabila terjadi kontijensi, maka seluruh personel dapat selalu siap untuk menghadapinya. Lewat pelatihan TFG ini diharapkan dapat memberikan gambaran kepada Personil Polres Matra dan Jajaran”, Kata Jufri.

Menurut Rigan, kegiatan simulasi ini dibuat semirip mungkin dengan pelaksanaan Sispamkota dengan menggunakan berbagai komponen alat peraga berupa, miniatur prajurit, kendaraan, rumah, dan lain-lainnya.

Sebanyak 5 skenario situasi juga disimulasikan dalam TFG kontijensi ini, mulai situasi aksi protes dari masyarakat setempat di TPS yang menuntut kepada KPPS untuk diberi ijin mencoblos dan mengancam akan memboikot jalannya pencoblosan apabila tak diberi ijin. Situasi pengawalan kotak suara dari TPS ke Kantor PPK, dimana ada beberapa warga yang menghadang dan mencoba untuk merebut kotak suara. Adanya aksi massa di Kantor PPK, aksi unjuk rasa juga dilakukan di Kantor KPUD Pasangkayu hingga situasi dan kondisi kota sudah tidak kondusif dengan eskalasi massa yang meningkat dan semakin beringas, sehingga diberlakukan Sispamkota Kontijensi.

Panjut Kabag Ops Polres Mamuju Utara menambahkan, cara bertindak pun tak luput disimulasikan dalam TFG ini. Tujuannya, untuk memberikan pemahaman secara langsung terkait peran dan tugas masing-masing personil dalam menghadapi seluruh rangkaian Pemilu, utamanya saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” terangnya.

Untuk Informasi, Bahwa hari Jumat tanggal 22 Maret 2019, Polres Matra akan melaksanakan Gelar Pasukan yang akan melibatkan Stakeholder terkait, FKUD Kab. Pasangkayu, KNPI, FHDI(Pecalang), KBPPP, FKPPI, Perwakilan Satpam Perusahaan, Ketua PPK Sekab.Pasangkayu, Ketua Panwascam Sekabupaten Pasangkayu, Camat Sekabupaten Pasangkayu dan Para Ketua Partai Sekabupaten Pasangkayu yang akan dilaksanakan di Lapangan Merdeka Pasangkayu,Ujarnya.(J.y/Asw)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top