SULAWESI TENGAH

Rapat Terbatas Langkah-Langkah Percepatan Pemulihan Dampak Bencana Sulawesi Tengah

Palu,Sulteng||mediasuaranegeri.com – Kepala BNPB Doni Monardo bersama Gubernur Sulawesi Tengah Drs. H. Longki Djanggola, M.Si memimpin Rapat Terbatas Langkah-Langkah Percepatan Pemulihan Dampak Bencana Sulawesi Tengah didampingi Sekda Provinsi Sulteng Moh. Hidayat Lamakarate yang dihadiri Empat Deputi BNPB, Pangdam Merdeka, Perwakilan Menkopolhutkam serta unsur Forkopimda Prov. Sulteng
di Ruang Kerja Gubernur Sulawesi Tengah, 25/2/2019.

Kepala BNPB Doni Monardo, menyampaikan bahwa sebelum berangkat ke Palu, Kepala BNPB dan rombongan diberikan arahan Wapres Yusuf Kalla tentang percepatan pembangunan Huntara dan mengharapkan kepada Pemerintah Daerah agar masyarakat yang masih berada di Shalter agar dapat segera menempati Huntara,Ucapnya.

Selanjutnya diharapkan proses pembangunan Huntab dapat segera dilaksanakan termasuk pembangunan Huntab bantuan Budda TZU-CHI, tanggal 4 Maret 2019 sudah dapat dilaksanakan peletakan batu Pertama. untuk realisasi dana Stimulan hari Kamis akan diadakan rapat bersama wakil menteri Keuangan untuk realisasinya demikian juga dana Santunan Duka  diharapkan dipercepat validasi datanya.

Ia juga menyampaikan bahwa Dana Bantuan Luar Negeri Sebesar Rp. 230 M saat ini tersedia pada BNPB untuk itu diharapkan Gubernur dapat mengajukan kegiatan yang segera dilakukan yang dapat dibiayai dana Bantuan Luar Negeri tersebut dengan harapannya bulan Maret Dana tersebut sudah dapat dimanfaatkan.

Sekda Provinsi Sulawesi Tengah Moh. Hidayat Lamakarate menyampaikan beberapa hal terkait dengan proses pencairan dana stimulan supaya dapat dilakukan secepatnya karena, masyarakat sudah mengharapkan  agar dana tersebut dapat cepat dicairkan, kemudian Data terkait dana Stimulan dan Data Korban meninggal Dunia sudah ditetapkan berdasarkan SK Gubernur dan untuk korban meninggal sudah terverifikasi sebanyak 1906 jiwa.  Diharapkan agar yang sudah terverifikasi dapat diberikan dana santunannya dengan harapan kerja kerja kita sudah ada yang terealisasi. Serta, Saat ini Kegiatan yang dilakukan Santer PUPR dan Tim  Pemasangan Patok Zona Merah dampak Likuifaksi, Tsunami dan Zona Rawan Bencana belum mendapatkan dukungan pembiayaan dan usulan pembiayaannya sudah diajukan agar proses kegiatan tersebut dapat terealisasi cepat.

Pada Kesempatan itu Juga Gubernur Sulawesi Tengah Drs. Longki Djanggola, M.Si mengharapkan agar dipercepat proses realisasi Dana Stimulan dan realisasi dana santunan, demikian juga untuk Pembangunan Hunian Tetap pada lokasi yang Clear proses lokasinya seperti lokasi Duyu, Pombewe, Demikian Walikota Palu dan Bupati Sigi juga mengharapkan dapat segera direalisasikan dana Stimulan, Dana Santunan Duka, demikian juga dengan percepatan pembangunan Huntab.

Sumber: Biro Humas dan Protokol
Tim Msn.com

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top