DAERAH

Mentan SYL Panen Padi Dirangkaian Dengan Penanaman Porang di Pangkep

PANGKEP || Mediasuaranegeri.com – Menteri Pertanian Republik Indonesia (Mentan RI), Syahrul Yasin Limpo (SYL) bersama Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau (MYL) menanam Porang di Kelurahan Balleanging, Balocci, dengan luas tanam 1000 hektar yang akan ditanam secara bertahap, Senin (19/7/21).

Dikatakan SYL, pihaknya mendorong agar para Gubernur dan Bupati mengakselerasi porang lebih baik. Dikarenakan, porang dapat diolah dalam berbagai jenis komuditi. Porang dapat diolah menjadi beras, kosmetik, farmasi dan lainnya.

“Olehnya itu, hari ini saya bersama Bupati Pangkep telah mencanangkan 1000 hektar untuk penanaman porang secara bertahap,” katanya.

Mantan Gubernur Sulsel dua priode itu juga menjelaskan, porang sebelumnya adalah tanaman hutan. Namun, setelah dua tahun ditangani, akselerasinya lebih bagus dan menjanjikan.

Nampak Mentan SYL tengah menanam Pohon Porang

Menanam porang tidak harus mengganggu tanaman dan lahan perkebunan lainnya. Akan tetapi dapat ditanam pada lahan-lahan marginal karena mudah ditanam.

“Kita berharap, porang ini dapat menjadi komoditi baru yang akan memperkuat ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan petani. Diharapkan juga, tahun ini porang dapat diolah menjadi beras, sebagai alternatif beras padi,” tambahnya.

Bupati Pangkep MYL mengucapkan terima kasih atas dukungan Mentan RI dalam mendukung pertanian di Pangkep.

Ia pun berharap, tanama porang nantinya menjadi komoditi unggulan kabupaten Pangkep yang menjadi penopang ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan petani.

Sebelum tanam porang, Mentan RI melakukan panen raya padi di desa Panaikang.[*/Irwan]

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({google_ad_client: "ca-pub-7658722301248693",enable_page_level_ads: true});
To Top