BERITA SULBAR

LPM Kecam Atas Limbah PT Awana Yang Meluap Hingga di Perkebunan Masyarakat

PASANGKAYU || Mediasuaranegeri.com – Limbah pabrik pengolahan Minyak Kelapa Sawit milik perusahaan PT Awana yang berlokasi di Kecamatan Sarudu, Kabupaten Pasangkayu meresahkan masyarakat setempat. Pasalnya, bau limbah tidak sedap serta limbah kasarnya pun memasuki kebun sawit milik masyarakat.

Menanggapi hal tersebut, salah satu warga Sarudu yang tidak ingin disebut namanya saat di wawancarai (8/7/21) mengatakan bahwa, masyarakat sudah lama mengeluhkan bau limbah yang mengeluarkan aroma sangat tidak sedap apa lagi limbah kasarnya memasuki kebun sawit milik masyarakat Sarudu.

Nampak limbah PT Awana yang memasuki perkebunan kelapa sawit warga sarudu

Lanjut ia sampaikan, PT. Awana saat ini dalam pengelolah limbah dinilai masih kurang baik dikarenakan merugikan masyarakat sekitar yang tidak jauh dari perusahaan tersebut.

“Bukan hanya baunya yang menyengat, luapan limbahnyapun sudah sampai diperkebunan kami. Masyarakat sangat berharap kepada Pemerintah dan insitusi DPRD Kabupaten Pasangkayu, tolong menindaklanjuti masalah limbah PT. Awana,” harapnya salah satu warga korban atas luapan limbah PT Awana.

Sementara itu, ditempat yang berbeda, pengurus Lembaga Pelajar Mahasiswa Mamuju Utara (LPM) Fauzan, mengecam permasalahan tersebut dan memberikan waktu untuk menyelesaikan permasalahan itu.

“Kami para Masyarakat Desa Sarudu diresahkan dengan limbah PT. Awana dan kami selaku mahasiswa akan ikut turun kejalan dan memberikan jangka waktu 1 minggu kepada PT. Awana untuk menyeselesaikan atau ganti rugi petani yang terkena limbah di kebunnya dengan ini kami akan aksi lebih besar,” pesannya denga tegas.[Hbir].

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({google_ad_client: "ca-pub-7658722301248693",enable_page_level_ads: true});
To Top