SULAWESI TENGAH

Pemprov Sulteng Gelar Rapat Terbatas Dalam Hal Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19

(kiri) Sekda prov. Sulteng Dr. Hidayat Lamakarate

Suaranegeri, Sulteng – Sekertaris Daerah (Sekda) Provinsi Dr. Hidayat Lamakarate memimpin Rapat memastikan Langkah-langkah pencergahan Penyebaran Virus Covid-19 di Sulawesi Tengah (Sulteng) di Rujab Sekda Provinsi, Jumat’ 20 Maret 2020.

Pada Kesempatan itu Sekda Provinsi Sulteng Dr. Hidayat Lamakarate mewakili Gubernur menyampaikan harapan Gubernur supaya dipastikan sampai saat ini langkah-langkah penanganan penyebaran Covid -19 atau Virus Corona dapat berjalan dengan baik sesuai berdasarkan Surat Edaran Gubernur Sulawesi Tengah Nomor 443/141/Dis.Kes, tanggal 16 Maret 2020 tentang Pencegahan dan antisifasi penyebaran COVID-19 Di Sulawesi Tengah ada bebera hal yang diminta Gubernur untuk dipastikan yakni,

1. Larangan untuk masuknya WNA dan TKA masuk di wilayah Sulawesi Tengah.

2. Melakukan Pemerikasaan di Perbatasan, di Pelabuhan kepada masyarakat yang berkunjung ke wilayah Sulawesi Tengah seperti pemeriksaan di Bandar Udara .

3. Kepala Dinas Pendidikan agar dipastikan satuan Pendidikan dapat melaksanakan Pembelajaran di Rumah untuk anak didik, dan masa pembelajaran dirumah tidak dimanfaatkan untuk bepergian.

4. Dipastikan Surat Edaran Gubernur sampai kepada Seluruh Stakeholder sampai Pemerintah Pusat dan Pihak Imigrasi .

5. Memastikan kesiapan RSUD dan RS Swasta sebagai RS Rujukan dan dipersiapkan tempat Opservasi yang representativ demikian juga di Kabupaten dan Kota Palu.

Terkait halntersebut, Kepala Dinas Kesehatan dr. Renny Lamajido, M.Kes menyampaikan bahwa, sampai dengan saat ini Syukur sulteng belum terdapat kasus COVID -19, 2 Pasien yang di ODP di RS. Undata sudah dipulangkan dan Negatip dari Virus Corona tetapi saat ini ada 6 orang yang sementara dilakukan PDP.

Selain itu,  dr. Renny Lamajido, M.Kes. juga melaporkan kesulitan dalam pengiriman Sampel pemeriksaan ke Jakarta karena meskapai tidak menerima pengirimannya kecuali Garuda dan berbayar Rp. 600, setiap Pengiriman dan meskapai lain tidak menerima diharapkan seluruh meskapai dapat menerima pengirimannya karena uji laboratorium COVID-19 hanya ada di Jakarta.

Diakhir Rapat tersebut, Sekda menyampaikan agar sosialisasi terus digalakkan kepada masyarakat supaya masyarakat tetap tenang dan tidak panik dengan menjalankan dan mematuhi seluruh himbauan himbauan yang sudah disampaikan Pemerintah.(**)

Pusdatina COVID-19 Provinsi Sulteng.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({google_ad_client: "ca-pub-7658722301248693",enable_page_level_ads: true});
To Top