SULAWESI TENGAH

Pembahasan Cakupan JKN dan KIS Menuju UHC 2019

Gubernur Sulteng Longki Djanggola saat menyampaikan sambutannya di Gedung Polibu Kantor Gubernur

Palu, Sulteng – Rapat Koordinasi percepatan peningkatan indeks pembangunan kesehatan manusia dan pencapaian cakupan semesta JKN (Jaminan Kesehtan Nasional) tingkat Provinsi Sulawesi Tengah di Gedung Polibu Kantor Gubernur, Selasa 4/9/18.
Rapat tersebut dipimpin langsung Gubernur Sulteng Longki Djanggola yang dihadiri Walikota Palu, Bupati Se-Sulteng serta para Kepala OPD.

Dalam rapat tersebut Gubernur Sulteng Longki Djanggola menyampaikan bahwa IPM (Indeks Pembangunan Manusia) sulawesi tengah dipengaruhi indikator bidang Kesehatan Masyarakat.

“setiap rapat koordinasi bidang kesehatan saya selalu disampaikan Menteri Kesehatan supaya dapat meningkatkan IPM Sulteng terutama pada bidang Kesehatan”.Ucap Longki

Bupati se-sulteng serta kepala OPD saat menghadiri rapat koordinasi di Gedung Polibu Kantor Gubernur Sulteng

Longki juga perintahkan Kepala Dinas Kesehatan supaya dibuat rakor khusus bidang kesehatan bersama Bupati dan Walikota Palu dan OPD terkait.

Lanjut ia mengingatkan, bahwa ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian bersama pada waktu mencalonkan sebagai kepala Daerah, kita berjanji untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dan berobat gratis untuk masyarakat.

“saya berharap agar apa yang menjadi komitmen kita, dapat betul-betul dilaksanakan karena ada beberapa hal yang menjadi perhatian pada bidang Kesehatan  yakni Pengurangan Angka Stanting atau manusia kerdil akibat kekurangan Gizi serta angka Kematian Bayi dan kematian Ibu Melahirkan”, harapnya.

Agar seluruh masyarakat Sulteng tahun 2019 mendapatkan Jaminan Kesehatan yang merupakan cakupan JKN dan KIS menuju UHC ( Universal Health Coverage / Cakupan Semesta, Pemerintah Provinsi akan shering anggaran dengan Kabupaten dan Kota Se-Provinsi Sulteng dengan shering, 20 % ditanggung Provinsi, dan 80 % ditanggung masing-masing Kabupaten dan Kota Palu sesuai kebutuhan.

Gubernur dengan Bupati dan Walikota Palu melaksanakan penandatanganan Komitmen Kesepakatan Bersama di Gedung Polibu Kantor Gubernur

Untuk itu perlu komitmen bersama dan kita tandatangani, dengan maksud supaya menjadi perhatian kita didalam penetapan anggarannya di tahun 2019 . Sesuai hitungan BPJS dengan asumsi shering 20% provinsi menganggarkan tahun 2019 sebesar Rp. 47.401.068.000. Untuk menuju UHC Tahun 2019. Imbuhnya.

Sumber: Humas Prov. Sulteng

Tim MSN.com
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({google_ad_client: "ca-pub-7658722301248693",enable_page_level_ads: true});
To Top