SULAWESI TENGAH

Giliran Sulteng, Kemenpar Luncurkan Event Festival Pesona Palu Nomoni (FPPN) dan Festival Pesona Lipuku

MSN.com – Kementrian Pariwisata meluncurkan dua event unggulan Sulawesi Tengah (Sulteng) yakni Festival Pesona Palu Nomoni (FPPN) dan  Festival Pesona Lipuku 2018 yang akan digelar tahun 2018 ini. Dua event tersebut sudah masuk dalam 100 Wonderful of Event Indonesia. Dengan tema ‘Bringing Central Celebes to The World’.

Untuk hal yang membanggakan ini Kementrian Pariwisata mengapresiasi sehubungan dalam rangka mempromosikan dan meningkatkan kunjungan wisatawan. Sulteng pada tahun ini mentargetkan 3.825.000 wisatawan terdiri dari 75.000 kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dan 3.750.000 wisatawan Nusantara. Menteri Pariwisata Arief Yahya menilai unsur 3A (atraksi, Amenitas dan Aksebilitas) pada Sulteng sudah memadai dan tentu layak untuk berkembang menjadi destinasi kelas dunia.

“Saya sudah pernah menyaksikan Festival Pesona Palu Nomoni pertama 2016. Tahun itu Palu terpilih sebagai penyelenggara terbaik dan terheboh ketika ada fenomena Gerhana Matahari Total 2016 dan itu sekaligus bukti Palu mampu menyuguhkan kegiatan wisata kelas dunia. Ketika itu saya katakan kami siap mendukung Palu Go Internasional,” ujarnya di Balairung Soesilo Soedarman, Gd. Sapta Pesona, Kementrian Pariwisata, Jakarta, Selasa (17/7)

Untuk Festival Pesona Palu Nomoni (FPPN) 2018 tahun ketiga ini akan berlangsung di Teluk Palu pada 28 September hingga 3 Oktober mendatang. Dalam Festival ini menyajikan keunikan ritual adat Kota Palu ini diproyeksikan akan menarik 100 ribu pengunjung.

Sedangkan Festival Pesona Lipuku 2018 yang masuk tahun kedua ini akan berlangsung di Ampana, Kabupaten Tojo Una – Una pada 2 – 6 November 2018. Festival ini dimeriahkan dengan fun bike, bela diri tradisional, foto keindahan laut Togean, road race, tari – tarian tradisional, lomba perahu, dan lomba kuliner masakan lokal dengan bahan utama berupa ikan segar, kepiting, udang dan tiram. Festival dalam rangka mengangkat tradisi Budaya Touna ini mentargetkan kunjungan 3.000 wisatawan.

Sumber: akurat.co

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top