DAERAH

Pelatihan Kader Wawasan Kebangsaan di Kota Bogor, BPIP dan IWO Beri Materi

BOGOR || Mediasuaranegeri.com – Sejumlah 136 peserta pelatihan yang menjadi kader penyuluh Wawasan Kebangsaan (wasbang) diadakan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Bogor, dilaksanakan di Hotel Green Forest Jl. Sumantadireja 99 Pamoyanan, Kota Bogor, Jawa Barat, pada Rabu 15 September 2021.

Para kader wawasan kebangsaan ini dipilih dari 68 kelurahan yang di Kota Bogor, ini adalah inovasi Bakesbangpol Kota Bogor yang bertujuan untuk memberikan penyuluhan wawasan kebangsaan kepada masyarakat di wilayah masing-masing.

Sementara itu, Kepala Bidang Ideologi Bakesbangpol Kota Bogor, Aep Saepudin mengungkapkan dibentuknya kader penyuluh dimaksudkan agar mempercepat terwujudnya cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya yang mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa yang dilandasi Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.

“Kader ini landasan hukumnya yaitu berdasarkan Intruksi Presiden Nomor 12 tahun 2016 tentang Gerakan nasional revolusi mental, Permendagri no 71 tahun 2012 tentang pendidikan Wawasan Kebangsaan, UU no 23 tahun 2014 tentang Pemda pasal 25 poin 1.a dan Perwali no 2 tahun 2021 tentang Penyuluh Wawasan Kebangsaan”, ujar Kabid Ideologi ini.

Senada disampaikan Ir. Dwi Dasawati sebagai Ketua Panitia yang mengungkapkan peserta diseleksi ketat, tadinya disetiap kelurahan 4 kader, namun diseleksi kembali menjadi 2 kader per kelurahan, yang di test di enam kecamatan”, ujar Ir Dwi.

Di saat tersebut narasumber, Eko Budiyanto Kepala Sub Direktorat Hubungan Antar Kementerian dan Lembaga BPIP memaparkan penguatan di lingkungan keluarga yang akan menjadikan nilai-nilai luhur Pancasila, tolong menolong, gotong royong juga sangat penting.

Narasumber lain, Ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) Bogor, Didin yang kerap disapa Kang Brodin ini juga mengajak para peserta bijak bermedsos dan ikut memerangi hoaks atau berita bohong di era digital 4.0 ini.

Narasumber yang hadir diantaranya Kemendagri, Direktur Hubungan Antarlembaga dan Kerjasama BPIP, Elfrida Herawati Siregar,beserta Eko Budiyanto Kepala Sub Direktorat Hubungan Antar Kementerian dan Lembaga BPIP, Kepala Badan Kesbangpol Propinsi Jabar, Dr. Drs. HR Iip Hidajat, Mpd, BNNK, Rumah Kebangsaan Pancasila dan Ikatan Wartawan Online (IWO) juga narasumber lain yang direncanakan di waktu yang akan datang.[*]

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({google_ad_client: "ca-pub-7658722301248693",enable_page_level_ads: true});
To Top