SULAWESI TENGAH

Gubernur Sulteng Gelar Rapat Menggunakan Video Confrence Terkait Perkembangan C-19

Suaranegeri || Sulteng – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi tengah (Sulteng) gelar Rapat Video Confrence bersama Bupati/Walikota Se-Provinsi Sulteng.

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Gubernur Sulteng Drs. Longki Djanggola didampingi Danrem 132/tadulako, Kapolda Sulteng, Sekda Provinsi Sulteng yang dihadiri Unsur Forkopimda dan Gugus Covid-19 masing Daerah Se-Sulteng dengan durasi 3 jam 30 Menit, diRuang Kerja Gubernur, Selasa 31/3/2020.

Dalam rapat melalui Video Conferece, Gubernur Sulteng Longki menyampaikan beberapa hal kepada Bupati dan Walikota Palu terkait penanganan Covid-19 atau virus korona di Sulawesi tengah.

Hal tersebut, Gubernur Sulteng Longki menekankan kepada Bupati dan Walikota Palu agar membentuk Gugus Tugas Covid -19 didaerahnya masing-masing sesuai dengan edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 440/2622/SJ.

Gubernur juga meminta Bupati dan Walikota Palu dapat merelokasi anggaran berdasarkan Inpres 4 Tahun 2020 refocussing kegiatan dan dapat merevisi anggaran perjalanan Dinas.
“Provinsi Sulteng sudah merelokasi anggaran Perjalanan Dinas sebesar 50 % dan untuk daerah yang melaksanakan Pilkada, anggarannya juga dapat dicadangkan untuk membiayai kegiatan Gugus Covid-19, tetapi petunjuk lebih lanjut kita tunggu selanjutnya”. Kata Gubernur.

Gubernur Sulteng juga menyampaikan kepada Bupati dan Walikota agar meningkatkan koordinasi kepada semua unsur terkait di daerah untuk melaksanakan seluruh kebijakan-kebijakan yang sudah ditetapkan dalam hal pengawasan perbatasan terhadap arus masuknya orang. Namun, untuk distribusi barang seperti kebutuhan Pokok masyarakat dan kebutuhan Vital lainnya itu diperbolekan melintas dan mengisi Format yang dikirim kemendagri terkait dengan Kebutuhan ketahanan Pangan selama 6 bulan kedepan.

“Bupati dan Walikota agar dapat menetapkan status Darurat di daerahnya masing-masing, apakah Siaga Darurat dan Tanggab Darurat”, Ucapnya.

Selanjutnya dapat melihat ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat di daerahnya dan meminta daerah kabupaten saling memberikan dukungan dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat dengan cara memperhatikan distribusi.

Selain itu, pemerintah setempat juga terus memperhatikan keselamatan tenaga Medis. Kemudian distribusi APD (Alat pelindung diri) yang dikirim melalui Gugus Covid Nasional dan didistribusikan pemerintah provinsi terus dimanfaatkan dengan baik dan kalau ada pasokan tambahan akan didistribusikan lagi. Kata Gubernur.

Gubernur Longki mengharapkan agar langkah-langkah strategis sesuai kondisi daerahnya dalam pencegahan penanggulangan Covid-19 dapat diambil dan terus memberikan himbauan kepada masyarakat untuk terus melakukan Pola Hidup Sehat dan terus melaksanakan Pisycal Distation dan Sosial Distantion agar penyebaran Virus covid-19  bersama sama masyarakat dapat kita lawan. Imbuhnya.

Sumber: Biro Humas dan Protokol Prov.Sulteng

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({google_ad_client: "ca-pub-7658722301248693",enable_page_level_ads: true});
To Top