TNI/POLRI

POLRES MAMUJU UTARA MELAKSANAKAN RAPAT KOORDINASI DALAM RANGKA PAM SORTIR DAN LIPAT SURAT SUARA

Pasangkayu||mediasuaranegeri.com – Pemilu sudah didepan mata, kesiapan dalam segala hal pun di persiapkan termasuk pengamanan penyortiran dan pelipatan surat suara pemilihan presiden dan legislatif 17 April 2019 mendatang. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dalam proses demokrasi, maka polres mamuju utara melaksanakan rapat koordinasi dengan Stake holder dengan tujuan memaksimalkan persiapan pengamanan dalam proses penyortiran dan pelipatan surat suara, Selasa 02 April 2019 Pukul 09.00 Wita di Aula Rupatama Polres Mamuju Utara yang dipimpin langsung Wakapolres Mamuju Utara Kompol Jufri Hamid S.Sos.

Turut hadir dalam Kegiatan Rakor tersebut, Ketua KPU Kab.Pasangkayu Syahran Ahmad S.Pd.,Kadis PMD Kab.Pasangkayu H. Muhammad Arfan Lasibe, S.Sos., M.Si., Kasatpol PP Kab. Pasangkayu Muliadi Halim, S.Pdi., Kabag Ren Kompol Zakaria S., Kabag Ops Akp Rigan Hadi Nagara S.Ik., Kapolsek Sarudu Akp Yohanis SH., Ps.Kapolsek Bambalamotu Iptu Abd.Muttalib Carlos., Ps.Kapolsek Baras Iptu Nurdin SE., Ps.Kasat Intelkam Iptu Rahmatullah SE., Paur Sarpras Iptu I Wayan Astika., Perwira Intel Kodim Lettu INF Abdul Malik., Para Perwira Polres Matra lainnya, Ketua PPK Sekabupaten Pasangkayu atau yang mewakili dan Perwakilan Linmas.

Pada Kesempatan tersebut, Wakapolres Matra menyampaikan tujuan dilaksanakannya rakor ini adalah untuk memaksimalkan persiapan pengamanan pelipatan dan pendistribusian surat suara sebelum di distribusikan ke TPS. “Rencana Surat Suara tiba besok di Kab.Pasangkayu. Maka Personil siap untuk melakukan pengamanan. Kita berharap agar ini dapat berjalan baik dan lancar”, Ucapnya.

Kabag Ops Akp Rigan Hadi Nagara S.Ik juga menyampaikan beberapa hal bahwa Apel Gelar pasukan akan dilaksanakan pada hari ahad, 14 April 2019 pukul 08.00 wita dan bagi TPS yang dianggap jauh, sulit medannya agar berkoordinasi dengan KPU dan bisa mendistribusikan surat suara ke PPK, selanjutnya ke TPS pada tanggal 14 April 2019 sedangkan tanggal 15 April 2019 personil yang terlibat PAM TPS agar menjemput surat suara di tempat penyortiran dan pelipatan. Kata Rigan

Ditempat yang sama, Ketua KPU menyampaikan untuk Partai Politik Garuda dibatalkan karena tidak melaporkan dana kampanyenya dan kebetulan juga untuk wilayah pemilihan daerah Sulbar dan Kab.Pasangkayu tidak ada calon legislatifnya. Setelah Surat suara datang dengan perangkatnya maka pihak KPU akan melakukan tahapan penyortiran pada tanggal 5 s/10 April 2019, dan kalau memang belum rampung maka akan di lanjutkan pada tanggal 11 April 2019.

Melihat Kondisi waktu pemilihan yang semakin dekat, maka KPU sudah melakukan pemberitahuan bantuan untuk menyortir dan melipat surat suara dan saat ini Pendaftar pelipat surat suara sudah 500 orang. Untuk menghindari kesalahan pelipatan dan menggampangkan pengontrolan dalam pelipatan surat suara maka KPU akan melakukan pelipatan menurut perjenis surat suara mulai dari surat suara pilpres, DPD, dst.

Setelah surat suara di distribusikan ke masing-masing TPS, maka KPU hanya menerima laporan kekurangan surat suara atau perlengkapan lainnya paling lambat pukul 09.00 wita di tanggal 17 April 2019.

Pada tanggal 10 April 2019 seluruh Ketua KPPS akan dilantik diseluruh Indonesia. “Saya harap paling lambat tgl 16 April 2019 seluruh TPS Sekabupaten Pasangkayu sudah berdiri sehingga malam harinya kita hanya fokus menjaga surat suara dan istirahat. Lanjutnya, Sedangkan Surat suara yang akan tiba di Kabupaten Pasangkayu sebanyak 4.805.000 Lembar, sedangkan hari ini KPU akan melakukan rapat terbatas dalam rangka penetapan DPTB untuk penyortiran dan pelipatan surat suara akan di koordinasikan dengan pemilik tempat dimana akan menyortir dan saat pelipatan surat suara semua yang terlibat PAM akan menggunakan ID Card khusus saat bertugas begitu juga tim dari pemantau saat memasuki lokasi penyortiran dan pelipatan harus menggunakan ID CARD. Khusus Surat Keterangan Pengganti KTP hanya berlaku pada suket yang sudah terdaftar di Capil namun kehabisan Blangko.

Pada kesempatan tersebut Kadis PMD juga menyampaikan bahwa Untuk saat ini Pakaian Linmas sudah datang dan siap digunakan serta data-data linmas telah siap.

Dalam Penutupan Rakord tersebut Wakapolres menyampaikan bahwa setiap ada kendala agar selalu berkoordinasi dengan semua pihak agar kita mendapatkan keuntungan bersama yakni keberhasilan bersama dalam penyelenggaraan pemilu 2019 agar tidak terjadi kegagalan. “saya juga menghimbau kepada para kapolsek saat pelepasan surat suara dari PPK ke TPS agar para kapolsek menghadiri sebagai bentuk sinergis antar instansi”. Ucapnya.(j.y/asw)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top