SULAWESI TENGAH

Rapat Terbatas Guna Mempercepat Pembangunan Huntara

Palu, Sulteng (MSN.com)- Pasca gempa, tsunami dan likuifaksi yang menimpa Sulawesi Tengah (Sulteng) 28 September 2018, Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola melakukan rapat terbatas dengan Sestama BNPB dan beberapa Deputi BNPB dan Staf Ahli Menteri PUPR beserta Instansi Teknis di Ruang Kerja Gubernur. Kamis 18 Oktober 2018

Pada kesempatan itu Sestama BNPB Dody Ruswandy menyampaikan kepada Gubernur bahwa saat ini menteri Keuangan membuka Rekening pada BNPB untuk menampung bantuan dari lembaga-lembaga donor Dunia.

“Saat ini bantuan yang sudah masuk diRekening tersebut sebesar 26 Milyar, untuk pemanfaatannya akan dikoordinasikan dengan Gubernur”. Kata Dody Ruswandy.

Sestama BNPB juga berharap masa tanggab darurat dapat dimaksimalkan, supaya masa transisi dan masa rehabilitasi dan rekontruksi seluruh kegiatannya dapat lebih cepat dilaksanakan.

Selanjutnya Arie Sutiadi Staf Ahli Menteri PUPR Satgas Infrastruktur berharap kiranya Gubernur dapat menyampaikan kepada Walikota Palu dan Bupati agar segera melakukan pendataan terhadap kondisi Rumah Masyarakat yang Rusak Berat, Rusak Ringan, Hancur dan Rumah yang Tenggelam. Untuk dapat menjadi bahan pengambilan kebijakan didalam Pembangunan Huntab sebagai Relokasi masyarakat.

“Pembangunan Huntara akan dilaksanakan, untuk tahap pertama sebanyak 1200 unit dan banyak lembaga yang akan membantu untuk pembangunan Huntara sesuai kebijakan Gubernur bahwa Huntara harus sama modelnya”. Kata Arie Sutiadi

Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola juga menyampaikan harapannya agar dapat dipercepat pembangunan Huntara.

“agar masyarakat dapat lebih nyaman, tinggal menunggu di bangun Hunian Tetap”. Ucap Longki

Selanjutnya Gubernur meminta kepada Sestama bahwa untuk mempercepat distribusi bantuan, agar distribusi langsung kepada Kabupaten dan Kota, nanti Kabupaten dan Kota yang akan meneruskan kepada masyarakat.

Gubernur mengharapkan agar Kementerian Lembaga dapat lebih Solid dan lebih Kompak untuk dapat mempercepat pemulihan kondisi dampak gempa dan tsunami Sulawesi Tengah dan, ia meminta agar malam ini dilakukan rapat bersama Walikota Palu, para Bupati, untuk mempercepat pendataan Rumah Masyarakat sesuai kategori yang dirumuskan PUPR .

Sumber: HumasProv.Sulteng

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({google_ad_client: "ca-pub-7658722301248693",enable_page_level_ads: true});
To Top