SULAWESI TENGAH

Maksimalkan Publikasi TdCC II, Kominfo Sulteng Gandeng 25 Media Dan Koresponden 6 Negara

PALU, SULTENG – Tour de Central Celebes (TdCC) II atau Kegiatan Lomba Balap Sepeda Bertaraf Internasional akan dilaksanakan di enam Kabupaten dan satu Kota di Provinsi Sulawesi Tengah, 17-22 oktober mendatang.

Berbagai macam persiapan telah dilakukan untuk mensukseskan kegiatan yang akan dihadiri puluhan negara tersebut, termasuk dibidang Publikasi.

“Capaian persiapan  kegiatan TdCC khusus bidang  publikasi dan dokumentasi secara ukuran grafik kegiatan kepanitiaan itu progresnya sudah mencapai 70 persen ” kata Moh. Nizam Kepala Dinas Kominfo Provinsi Sulteng, saat ditemui di ruangannya belum lama ini.

Dirinya menjelaskan bahwa dalam kepanitiaan bidang publikasi dan dokumentasi ada kurang lebih 25 media yang turut berpartisipasi nyata dan sudah dikeluarkan surat tugasnya baik media nasional, maupun lokal.

“Kemudian saudara-saudara kita yang ada di beberapa negara, utamanya pelajar yang tergabung dalam PPI (Persatua Pelajar Indonesia) yang ada di Amerika, Kanada, Singapura, nanti akan menjadi koresponden juga dalan kegiatan ini” jelasnya.

Sebab kata Nizam, tujuan utama daripada kegiatan TDCC ini untuk menunjukan kepada masyarakat, baik masyarakat Indonesia maupun  maupun luar negeri, bahwa Sulteng ini penuh  dengan potensi sumberdaya dalam berbagai aspek.

“Hanya belum dikenal, makanya upaya ini yang kami lakukan sebagai pemerintah daerah, karena target TdCC ini internasional, agar investasi bisa masuk di sektor-sektor yang ada di Sulteng baik Pariwisata, Budaya, Pertambangan, Kelautan, Kehutanan, dan lain-lain.” jelasnya.

Di lain sisi, lanjut Nizam, dengan adanya lomba ini juga bisa merangsang pemerintah pusat agar memberikan perhatian khusus terutama dalam perbaikan infrastruktur jalan, sehingga efeknya juga bisa dirasakan masyarakat.

“Karenanya, dukungan dari semua elemen yang ada terutama masyarakat sangat diharapkan agar kegiatan TdCC ini bisa memberikan kesan baik kepada mata dunia” harapnya.

Untuk diketahui, bahwa TdCC ini merupakan kegiatan yang telah diakui oleh Asosiasi Sepeda Internasional atau Uni Cyliste Internationale (UCI).

Dalam kegiatan TdCC II kali ini, akan melibatkan 16 Negara, yang terdiri 21 tim balap sepeda luar negeri, serta lima tim nasional.

Negara-negara yang akan mengirimkan timnya adalah Jepang, Vietnam, Filipina, Srilanka, Prancis, Tiongkok, Belanda, Jerman, Bahrain, Spanyol, Iran, Rusia, Hongkong, New Zealand, Australia dan Israel.

TDCC ini akan menempuh rute dari Kota Luwuk, Ibu Kota Kabupaten Banggai sampai Kota Palu yang terbagi dalam lima etape yakni Etape I Luwuk-Ampana (133 km), Etape II Ampana-Poso (163,1 km), Etape III Tentena (Poso) – Parigi (204,5 km), Etape IV Parigi-Sigi (111,7 km) dan Etape V Watatu (Donggala) – Kota Palu (127,7) km.

Penulis: tim MSN.com
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({google_ad_client: "ca-pub-7658722301248693",enable_page_level_ads: true});
To Top